PENGARUH INTELEGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA DI SMK SUMPAH PEMUDA 2

Main Article Content

Indra Cahya Kusuma
Lody Mangku Rizki

Abstract

This research is replicated from Rahman (2014) and Pasek (2015). This research aim to examine impact of Intelectual Quotient, Emotional Quotient, and Spritual Quotient to wards Understanding of Accountancy. This study used a survey method that uses primary data collected from questionnaires. The population in this study were student of the Concentration of Accounting at SMK Sumpah Pemuda 2 Ciawi. The member of sample taken in this study are 31 student XII Classi. Hypotesis tets use liniear coreelation and regression. Result of the hypothesis test indicate that Intelectual Quotient, Emitional Quotient, and Spiritual Quotient has positive correlation with understanding of Accountancy. The result showed simulataneous Intelectual Quotient, Emotional Quotient, and Spiritual Quotient has significantly impact toward Understanding of Accountancy. In parcial Intelectual Quotient has a Positive and significant impact towards Understanding of Accountancy, meanwhile Emotional Quotient and Spiritual Quotient has not impact towards Understanding of Accountancy.

Key word: Intelectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), and Understanding of Accountancy.

Article Details

How to Cite
Kusuma, I. C., & Rizki, L. M. (2017). PENGARUH INTELEGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA DI SMK SUMPAH PEMUDA 2. JURNAL AKUNIDA, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.30997/jakd.v3i1.980
Section
Articles

References

Ardana. 2013 “kecerdasan Intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan Spiritual, dan Kesehatan Fisik untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi”. E-Journal Fakultas Ekonomi Universitas Taarumanegara Vol. XVII No.3

Artana, Made Buda. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Pemahaman Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi”. E-Journal S1 AK Universitas Pendidikan Sansha Volume: 2 No. 1.

Baridwan, Zaaki. 2004. Intermadite Accountin. Yogyakarta : BPFE.

Belkaoli, Ahmed Raihi. 2000. Teori Akuntansi. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Cooper, Donald R. & Pamela S. Schhinder. 2007 Metode Riset Bisnis (Vol. 2 edisi 9). Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Dwijayanti, A. P. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program SPSS (Edisi Kedua), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Golman, D. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Edisi Keenam. Jakarta: PT. Gramedia Putaka Utama.
Harahap, Alwi Syaffuddin. 2010. Menajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakrta; BPFE.
Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edy. 2011. “pengaruh Kecerdasan Emociona, Perilaku Pelajar, dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi” Simposium Nasional Ankuntansi XIV.

Ikatan Akuntansi Indonesia.2012 Standar Akuntansi Keuangan. PSAK. Cetakan Keempat. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Lubis, Arfan, Ikhsan. 2010. Akuntansi keperilakuan. Edisi 2. Salemba 4. Jakarta.

Marchel V.J. veenman, Pascal Wilhelm, Jos J. Beishuizen. 2004. “The Relation Between Intellectual and Metacognitive Skills from a Developmental Perpectuve”. Jurnal learning and Instruction, No13,89-109.
Mardahelena. 2007. “pengaruh kecerdasan Emosional (Pengenalan Diri, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati dan Keterampilan Sosial) Terhadah Tingkat Pemahaman Matakuliah Akuntansi.”

Mawardi. M.Cholid. 2011. “Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang’. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islma (UNISMA) Malang.

Panagian, Reza. 2012. “ Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sipritual Terhadap Pemahaman Akuntansi pada Pendidikan Akuntansi”. Artikel Ilmiah tidak di Publikasikan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Rachmi, Fillia. 2010. “Pengaruh Kecerdasan Emosinaln, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2008. Organizational behavior 13th Edition. US: Prentice Hall.

Sugiyono, Azhar. 2004. Sistem Informasi
Manajemen: Konsep dan Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Zohar, D., dan Marshall, I. 2007. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Intergralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Diterjemahkan oleh Rahmi Astuti,

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>