PERSEPSI UMKM DALAM MEMAHAMI SAK EMKM

Main Article Content

Indra Cahya Kusuma
Via Lutfiany

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi SAK EMKM, tingkat pendidikan pemilik, persepsi pelaku UMKM dan pemahaman akuntansi terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kota Bogor. Dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam implementasi SAK EMKM. Desain penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik asosiatif kausal. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terpilih 96 pemilik UMKM di Kota Bogor. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi SAK EMKM, tingkat pendidikan pemilik, persepsi pelaku UMKM dan pemahaman akuntansi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi SAK EMKM. Secara parsial menunjukan bahwa semua indikator berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kota Bogor. Besarnya kontribusi pengaruh sosialisasi SAK EMKM, tingkat pendidikan pemilik, persepsi pelaku UMKM dan pemahaman akuntansi terhadap implementasi SAK EMKM yaitu sebesar 57,5%. Pemahaman akuntansi merupakan variabel yang paling dominan terhadap implementasi SAK EMKM.

Article Details

How to Cite
Kusuma, I. C., & Lutfiany, V. (2019). PERSEPSI UMKM DALAM MEMAHAMI SAK EMKM. JURNAL AKUNIDA, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i2.1550
Section
Articles

References

Dewi, Yuniarta dan Wahyuni, 2017, Pengaruh Sosialisasi SAK ETAP, Tingkat Pendidikan Pemilik dan Persepsi Pelaku UKM terhadap Penggunaan SAK ETAP pada UKM di Kecamatan Buleleng, Jurnal Akuntansi Volume 7 No.1 Tahun 2017, Universitas Pendidikan Ganesha.
Hariandja, Marihot T.E, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grasindo.
Meidiyustiani, Rinny, 2016, Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pemahaman Akuntansi dan Motivasi Pemilik terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Jurnal Akuntansi Vol.1 No.01 hal 13-27, Universitas Budi Luhur.
Mukmin, Mas Nur dan Siti Maemunah, 2018, Analisis Pengelolaan Dana Pemerintah Desa Pada Kecamatan Babakan Madang, Sukaraja Dan Ciawi, Jurnal Akunida Vol. 4 No. 2 hal 73-85, Universitas Djuanda.
Murniati, 2002, Investigasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah, Semarang: SNA 5.
Neag, Romana, 2011, Differential Financial Reporting for Micro Entities: Advantages and Limits, Universitatea Petru Maior, Romania, 2(14), 181-187.
Nugroho, Yohanes Anton, 2011, It’s Easy Olah Data dengan SPSS, Skripta Media Creative, Yogyakarta.
Priyatno, Duwi, 2013, Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS, Yogyakarta : Gava Media.
Riduwan dan Sunarto, 2007, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Cetakan Ketiga, Alfabeta, Bandung.
Robbins, Stephen P, 2003, Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Jilid 2, Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Simamora, Bilson, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama.
Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.
, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
, 2013, Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta, Bandung.
,2014, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Alfabeta, Bandung.
Supardi, 2005, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta : UII Press.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.
Usman, Nurdin, 2002, Konteks Implementasi Berbaisis Kurikulum, Yogyakarta: Bintang Pustaka.
Winkel, 2004, Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>