SISTEM PENGGAJIAN GURU BIMBINGAN BELAJAR (ANALISIS PADA DAMPAK PERSAINGAN)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaji dan motivasi terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah gur bimbingan belajar di Kabupaten Bogor sebanyak 137 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 135 orang yang ditentukan melalui proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik dalam bentuk Structural Equation Modeling (SEM) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gaji berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru, (2) gaji pengaruh signifikan terhadap keterampilan mengajar, (2) motivasi berpengaruh signifikan terhadap keterampilan mengajar, (3) keterampilan mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, (4) gaji berpengaruhsignifikan terhadap kinerja guru, (6) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, (7) gaji berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui keterampilan mengajar (8) motivasiberpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui keterampilan mengajar
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Akunida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Abdulsyani, 1994. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.
Kusuma, I. C., & Rizki, L. M. (2017). Pengaruh Intelegence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Di Smk Sumpah Pemuda 2. JURNAL AKUNIDA, 3(1), 29-39.
Poerdarminta Wjs.1990. Kamus Bahasa Indonesia, PN.Jakarta: Balai Pustaka
Soerjono Soekanto, 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:Rajawali Press
Sudjarwo .S, 2004.Buku Pintar Kependudukan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tantan suhartan, 2013. Statistik Sosial dan Kependudukan siswa smpn 2 sukahening. Hasil Susenas. Tasikmalaya : PS.
Pandi Anoraga. 2010. Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta
Triwidatin, Y. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Bogor. JURNAL AKUNIDA, 5(2), 85-99.
www.postmedya.com
www.kajianpustaka.com