PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI BOGOR

Main Article Content

Yuppy Triwidatin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kondisi sosial ekonomi orang tua mahasiswa Akuntansi Kabupaten Bogor dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar. Dari paparan teoritis maka dapat dirumuskan hipotesis bahwa ada pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Mahasiswa Akuntansi Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dipakai, adalah Metode angket sebanyak 70 responden angket digunakan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua. Persamaan regresi linear berganda tersebut memiliki nilai positif pada konstanta yaitu 62,526 menyatakan bahwa apabila kondisi sosial ekonomi orang tua bernilai nol maka prestasi belajar siswa akan bernilai 62.526, Koefisien regresi variabel X adalah positif sebesar 0.224, menyatakan bahwa setiap kondisi sosial ekonomi orang tua naik sebesar satu satuan maka akan menyebabkan peningkatan atau kenaikan prestasi belajar sebesar 0,224 satu satuan. Artinya pengaruh tersebut adalah pengaruh yang positif.

Article Details

How to Cite
Triwidatin, Y. (2019). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI BOGOR. JURNAL AKUNIDA, 5(2), 85–99. https://doi.org/10.30997/jakd.v5i2.2310
Section
Articles

References

Arsawan, I. W. E. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stress Kuliah Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora [Journal of Social Sciences and Humanities], 3(1), 55.

Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Harianti, S. S. (2017). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri dan Swasta Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 5(1).

Kusuma, I. C., Nurfitri, R., & Mukmin, M. N. (2019). Pengaruh Pressure, Opportunity, Rasionalization Dan Capability Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Fraud). JURNAL AKUNIDA, 5(1), 54-68

Marsudi, J., & Gustiani, D. S. (2018). Pengaruh Minat Belajar Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Psak Konvergensi. JURNAL AKUNIDA, 4(1), 21-34.

Mufida, A., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 687-695.

Mukmin, M. N., & Wulansari, H. (2017). Akuntabilitas Kinerja Akuntan Pendidik Berdasarkan Kompetensi Akuntan Dan Etika Profesional (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Bogor). JURNAL AKUNIDA, 3(2), 51-59.

Purnamaningsih, N. K. A., & Ariyanto, D. (2016). Pengaruh Gender, Usia, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 996-1029.

Rosmida, R., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Faktor Internal dan Faktor Eskternal Secara Simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 10(2), 1-7.

Sari, P. S. M. (2019). Pengaruh Tipe Kepribadian A dan B Pada Kinerja Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 50-63.

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(02), 177-193.

Susenti, R. T. E., Askandar, N. S., & Mawardi, M. C. (2019). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin, Pendapatan Orang Tua Dan Status Berkelas Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang Dan Universitas Muhammadiyah Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(01).

Tantan suhartan,2013. Statistik Sosial dan Kependudukan siswa smpn 2 sukahening. Hasil Susenas. Tasikmalaya : PS.

Triwidatin, Y. (2019). Kajian Terhadap Siswa Akuntansi Atas Motivasi Belajar, Kepedulian Orang Tua Dan Prestasi Belajar. JURNAL AKUNIDA, 4(2), 15-30.

Yulianti, P., & Putra, G. F. (2018). Evaluasi Prestasi Belajar Didasarkan Pada Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 20(2), 316.