KAJIAN TERHADAP SISWA AKUNTANSI ATAS MOTIVASI BELAJAR, KEPEDULIAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

Yuppy Triwidatin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Metode Penelitian adalah Metode Survey Korelasional. Sampel penelitian ini diambil populasi terjangkau dengan teknik proporsional acak, yaitu sebanyak 75 siswa SMK Amaliah 1 dan SMK Amaliah 2 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk angket, untuk mengukur variabel motivasi belajar dan kepedulian orang tua, serta berbentuk tes matematika, untuk mengukur variabel prestasi belajar matematika. Setelah dilakukan uji coba, ketiga instrument tersebut dinyatakan valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk pengumpulan data. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskreptif dan dilakukan uji persyaratan analisis, yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastisitas dan uji linieritas yang hasilnya data berdistribusi normal dan regresi berpola linier, sehingga analisis selanjutnya menggunakan analisis koefisien korelasi dan regresi linear berganda.

Article Details

How to Cite
Triwidatin, Y. (2019). KAJIAN TERHADAP SISWA AKUNTANSI ATAS MOTIVASI BELAJAR, KEPEDULIAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR. JURNAL AKUNIDA, 4(2), 15–30. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i2.1548
Section
Articles

References

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2002. Psikologi Remaja (perkembangan peserta didik). Jakarta : Rineka Cipta.
Alwi, Hasan. Dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Arikuto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Reneka Cipta. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Aunurrahman, M.Pd. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta : Ar-ruzz. Media.
Dali, Kartini Mutakdin. 1987. Pengaruh Hubungan Manusia di Kalangan Siswa Terhadap Kemandirian Belajar. Jakarta : Depdikbud.
Dhesiana. 2009. Kemandirian Dalam Belajar. http : //dhesiana. Wordpress.com/2009/01/16/.
Drost, SJ. 1993. Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri. Yogyakarta : Kaninsius.
Dimyati, Mujdiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2005. Kurikulum yang Disempurnakan. Jakarta : PT. Rineka Cipta Karya.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. cetakan ke III Bandung : Sinar Baru Algasindo.
Izan Tahar. (irsan@mail.ut.ac.id) dan Encang (encang@mail.ut.ac.id) . 2003. Jakarta : Universitas Terbuka, Diakses tanggal 28 Juli 2012.
Jaali. 2002. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Pascasarjana UNJ).
Mujdiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto. M. Ngalim. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Karya CV.
Ruseffendi. 2006. Pendidikan Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta : Rineka Cipta.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Bandung : Fokus Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta : Ufuk Press.
Susilo. Djoko. 2009. Sukses Dengan Gaya Belajar. Pinus. Yogyakarta.
Syah. Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Tim Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. FIP-LIPI. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : IMTIMA
Tim Penyusun 2010. Pedoman Penyusunan Tesis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.