PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PROGRAM INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER

nurliyah nurliyah

Abstract


ABSTRAK


Pendidikan karakter merupakan upaya proaktif yang dilakukan oleh lembaga formal, informal, maupun nonformal. Pendidikan karakter merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemerosotan moral khususnya kemerosotan moral di kalangan remaja (peserta didik). Pendidikan karakter berkaitan erat dengan pendidikan di sekolah sebagai lembaga formal. Sekolah berperan penting sebagai wahana memperteguh karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter SDIT Al-Utsmaniyah. Metode penelitian ini adalah kualitatif etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter dirancang melalui program intrakurikuler dan ekstrakurikuler sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum dari Kemendiknas yang dipadukan dengan kurikulum Kemenag dan kurikulum khusus SDIT Al-Utsmaniyah. Stakeholder sekolah berperan penting dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter pada peserta didik SDIT Al-Utsmaniyah. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam menerapkan program pendidikan karakter sekolah tidak hanya melibatkan guru tetapi melibatkan seluruh yayasan, komite, tenaga kependidikan, orang tua serta masyarakat sekitar.  

Kata kunci: etnografi pendidikan, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN : 2442 - 4554  E-ISSN : 2550 - 0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 1-2

 

Currently, DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

      

 



View My Stats

 

Creative Commons Licence
DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.