ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI PT BANK NEGARA INDONESIA CABANG SUKABUMI)

Main Article Content

Ridwan Arif Setiawan
Sahlan Hasbi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan produk jasa perbankan syariah studi pada PT Bank Negara Indonesia cabang Sukabumi. Jumlah responden pada penelitian ini banyak 202 dengan menggunakan teknik convenience sampling. Metode yang digunakan adalah metode analisis faktor diperoleh angka Kaiser Meyer Olkin Measure Of Sampling Adequacy (KMO-MSA) sebesar 0,748.Hal ini sudah baik karena sudah di atas 0,5. Nilai Barlett’s Test of Sphericity 748,018 dengan nilai signifikan 0,000. Nilai ini berarti bahwa faktor pembentuk variabel sudah baik dan dapat dianalisis lebih lanjut.Hasil analisis data yang diperoleh dapat diketahui bahwa 4 variabel yaitu fasilitas, pelayanan, agama, promosi. Faktor agama sangat mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk jasa perbankan syariah karena memiliki nilai lebih tinggi pada faktor utama.

Article Details

How to Cite
Setiawan, R. A., & Hasbi, S. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI PT BANK NEGARA INDONESIA CABANG SUKABUMI). ISBAH: urnal erbankan yariah, 2(1), 219–234. https://doi.org/10.30997/jn.v2i1.263
Section
Articles

References

Alamsyah, Halim. Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyongsong MEA 2015 (http://www.bi.go.id/id/ruang-media/pidato-dewan-gubernur/Documents/6bf00812e40b4d0cb140ea80239c4966PerkembanganProspekPerbankanSyariahIndonesiaMEA201.pdf 6.39). Diakses pada Tanggal 27 April 2015 jam 19:00 wib
Arthesa, Handiman. 2006. Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT. Indeks Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Dendawijaya, Lukman. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Djumhana, Muhammad. 1996. Hukum Perbankan Di Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang : Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Hosen, Nadratuzzaman. 2006. Buku Saku Lembaga Bisnis Syariah. Jakarta: Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah.
Husein & Umar. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia.
Kasmir. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2001. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Karim, Adiwarman. 2003. Bank Islam, Analisis Fiqh dan Keuangan . Jakarta: The International Institute of Islamic Thought.
Karim, Adiwarman. 2007. Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan LainnyaEdisi Revisi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Revisi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks.
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.
Lapoliwa, Kuswandi. 2000. Akuntansi Perbankan, Akuntansi Transaksi Bank Dalam Valuta Rupiah, Edisi 5. Jakarta: InstitutBankirIndonesia.
Lipis, Allen. 1992. Perbankan Elektronik. Jakarta : Rineka Cipta.
Mowen. 2002. Perilaku Konsumen Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Muhammad. 2008. Manajemen Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Press.
Riduwan. 2011. Dasar Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, Anwar. 2003. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Malang: Buntara Media.
Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Stanton, William.1996. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Sudarsono, Heri. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: Adipura.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suyatno, Thomas. 1999. Kelembagaan Perbankan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Swastha, Basu. 2000. Manajemen Penjualan. Yogyakarta : BPFE.
Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publising.
Taswan. 2005. Akuntansi Perbankan Transaksi dalam Valuta Rupiah.Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Trihantana, Rully. 2013. Bahan Ajar Mata Kuliah Perdagangan Internasional. Bogor: Universitas Djuanda.
Yahya, Subchan. 2010. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa bank syariah(studi kasus PT bank Syariah Mandiri Tbk. Cabang Pembantu Lebak). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.