PROSES PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENGELOLA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nafhan Maulana

Abstract

Istilah model pembelajaran Kooperatif sering disebut juga dengan (cooperative learning) mengandung arti sebagai pembelajaran bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Dalam pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat bisa berkolaborasi dengan teman lainnya karena model kooperatif ini menuntut adanya kerja sama atau saling mengaitkan antara peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Proses pembelajaran kooperatif juga mendorong agar peserta didik mampu berkolaborasi dengan orang lain sebab karakteristik yang mereka miliki berbeda-beda, selain itu juga peserta didik diharapkan selalu berperan aktif dalam sebuah keputusan bagaimana seharusnya mempelajari dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan. Tujuannya dilakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana perbandingan antara proses pembelajaran yang diterapkan peserta didik Sekolah Dasar kelas 5 dan kelas 1 di SDN Ciawi 2 terhadap pengaruh pembelajaran kooperatif. Dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif ini diharapkan seluruh peserta didik bisa dengan mudah untuk menganalisis konsep pembelajaran ketika dilakukannya diskusi dengan teman lainnya sehingga mengurangi beban efektivitas ketika pembelajaran sedang berlangsung. Akan tetapi, proses pembelajaran kooperatif ini tetap dipimpin oleh seorang guru untuk mengarahkan peserta didik agar peserta didik termotivasi dalam keberanian mengungkapkan pendapat hingga timbulnya rasa saling menghargai antara peserta didik dengan yang lainnya.

Article Details

How to Cite
Maulana, N. (2023). PROSES PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENGELOLA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR . Karimah Tauhid, 2(5), 2193–2201. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9632
Section
Articles

References

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

Crisnawati, E., Hermansyah, A. K., & Purwanty, R. (2022). Kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 56–64. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6201

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., & Hulu, F. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. 08(January), 325–332.

Humaira, megan asri, Sudjani, halim deski, Sya, mega febriani, Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, radif khotamir. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315

Kemampuan Berpikir, D., Pada, K., Ketut, I., Sekolah, S., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar. 19–24.

Patriana, W. D., Wulandari, M. D., & Sutama. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 116–131.

ROFI’AH, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145–153. https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396

Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348