Penerapan Manajemen Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Sederhana bagi Pelaku UMKM

Main Article Content

Mira Safitri

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi khususnya dalam mengurangi pengangguran. Untuk keberlangsungan UMKM dengan jangka panjang di perlukan penerapan manajemen keuangan dan pengelolaan keuangan sederhana atau yang disebut SAK EMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan bagi para pelaku usaha dalam melakukan pembukuan akuntansi sederhana pada usaha yang dijalankannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif didukung dengan sumber data sekunder serta menggunkan metode studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat dampak positif yang signifikan dari penerapan manajemen keuangan dan pengelolaan keuangan sederhana terhadap pelaku UMKM. Semakin efisien dalam pengelolaan keuangan maka semakin menampakkan peluang untuk berkembangnya suatu entitas. 

Article Details

How to Cite
Safitri, M. (2023). Penerapan Manajemen Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Sederhana bagi Pelaku UMKM . Karimah Tauhid, 2(4), 1204–1211. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8933
Section
Articles

References

Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis dan Strategi Manajemen saat Pandemi Covid-19 bagi UMKM. 34-42.

Mannopo, W. S., & Pelleng, F. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6-9.

Simanjuntak, R., Sidharta, J., Anggraini, N., & Reginal, D. (2023). Sosialisasi Penerapan Manajemen Keuangan untuk Pelaku UMKM Jemaat GKP Klasis Jakarta dalam Memajukan Usahanya. Jurnal ComunitA Servizio, 1124-1132.

Syahril, Purwanto, E., Isdiantoni, Kurdi, M., Hermanto, B., & Fatmawati. (2022). Manajemen Keuangan bagi Pelaku UMKM Masyarakat Kepulauan Desa Ketupat Kecamatan Raas. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi, 14-18.

Utomo, Y., Azizah, H., Ridayanti, R., & Pribadi, R. A. (2021). Pentingnya Manajemen Keuangan, Legalitas dan INovasi Ramah Lingkungan untuk UMKM Ecoprint Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau. Jurnal Karinov, 168-173.

Wahyuningtiyas, R., Windari, H. W., & Utomo, B. (2021). Pentingnya Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing pada SRC Gurda Kencana (Studi Kasus pada UMKM). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 33-40.