Analisis Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Importance Performance Analisis (Studi Kasus Alfamart Ciawi Bogor)

Authors

  • Doni Rizki Ramadan Universitas Djuanda
  • Mira Safitri Universitas Djuanda
  • Syahira Adri Septina Khoerunisa Universitas Djuanda
  • Maya Dinda Pardui Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14117

Keywords:

Suasana Toko, Importance Performance Analysis, Customer Satisfication Index, Kepuasan Konsumen

Abstract

Dalam era persaingan bisnis yang semakin erat membuat sebuah perusahaan berperang untuk meningkatkan kualitas terhadap suatu produk ataupun layanan yang ditujukan untuk kepuasan konsumen. Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada salah satu cabang toko Alfamart yaitu Alfamart Ciawi Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif melalui analisis Importance Performance Analysis guna mengetahui prioritas terhadap atribut yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sampel pada studi ini berjumlah 50 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa besaran 82,97% responden merasa puas terhadap kinerja toko Alfamart Ciawi, hal ini ditunjukkan oleh perhitungan Customer Satisfication Index (CSI). Berlandaskan pada Importance Performance Analysis (IPA) mengungkapkan terdapat beberapa kinerja atribut yang perlu diprioritaskan yaitu mengenai area lingkungan toko yang bersih dan nyaman, suhu udara yang tidak terlalu panas, dan aroma ruangan took yang segar. Dengan demikian toko Alfamart Ciawi perlu meningkatkan kebersihan toko, menambahkan AC pada sudut ruangan, serta memberi pengharum ruangan yang segar, hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian diharapkan dapat membantu toko Alfamart Ciawi untuk meningkatkan atribut-atribut yang dianggap masih rendah oleh oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan kompetivitasnya dalam persaingan bisnis yang ketat.

References

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Basri, H., Yulian Ma’mun, M., & Malihah, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 99–113. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2284

Dessyana, C. J. (2013). STORE ATMOSPHERE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TEXAS CHICKEN MULTIMART II MANADO. Jurnal EMBA, 01(3), 844–852.

Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan. 13(01), 186–200.

Lestari, H. D., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kualitas Produk Batik Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta Dengan Importance Performance Analysis ( IPA ). 4(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.707

Meiliana, E. (2018). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP MINAT MEMBELI PADA SUPERMARKET LIGO MITRA DI PONTIANAK. Bisma, 2(10), 2183–2194.

Nugraha, R., Ambar, H., & Adianto, H. (2014). Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(3), 221–231.

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10

Putra, E. A. (2015). ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN KALUMBUK PADANG. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS, 4(3), 71–76. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1107

Rofa, M. H., & Dwiyanto, B. M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen (Studi Kasuspada Konsumen Salwa House Kafe di Tembalang). Diponegoro Journal of Management, 5(1), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13474

Tendean, A., & Widodo, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Maja House Sugar & Cream Bandung). E-Proceeding of Management, 2(2), 1–7.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Ramadan, D. R. ., Safitri, M., Khoerunisa, S. A. S., & Pardui, M. D. . (2024). Analisis Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Importance Performance Analisis (Studi Kasus Alfamart Ciawi Bogor). Karimah Tauhid, 3(7), 7516–7531. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14117
Abstract viewed = 3 times

Most read articles by the same author(s)