Akad Wadiah sebagai Salah Satu Penghimpun Dana dalam Bank Syariah

Main Article Content

Alya Amani
Lisda Khoirunisa

Abstract

Penghimpunan dana merupakan fungsi utama bank tidak terkecuali dalam bank syariah. Penghimpunan dana dalam perbankkan syariah dilakukan dengan dasar akad. Salah satunya akad wadiah yaitu titipan harta atau barang yang murni dan dapat diambil kapan saja tanpa batas waktu tertentu. Pembahasan ini bertujuan untuk menjelaskan serta memberikan pemahaman mengenai akad wadiah yang termasuk kedalam golongan akad nonprofit dan membuat masyarakat lebih mengenal akad ini bukan hanya mengetahui akad murabahah yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat. metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode deskriptif karena banyak mengambil dari peristiwa-peristiwa yang ada baik secara langsung maupun tidak langsung.


 

Article Details

How to Cite
Amani, A. ., & Lisda Khoirunisa. (2023). Akad Wadiah sebagai Salah Satu Penghimpun Dana dalam Bank Syariah. Karimah Tauhid, 2(4), 1198–1203. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8857
Section
Articles

References

AZIZAH, W. (2019). STUDI KOMPARASI PENDAPATAN BAGI HASIL, PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH DAN PENDAPATAN GIRO WADIAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA DENGAN BANK SYARIAH MANDIRI INDONESIA.

Fitriana , E. (2021). Akad Wadiah dan Akad Mudharabah pada Produk tabungan Bank Syariah ( Analisis Perbandingan). IAIN Prepare.

Lestiyowati, Y. (2018). Pengaruh Giro Wadiah, Deposito Mudharabah Dan Pendapatan Margin Murabahah Terhadap Laba Bersih Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Ridawati, M. (2016). yad amanah dan yad dhamanah (Telaah Konsep Penghimpunan Dana Pada Produk Sistem wa’diah. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah 1.2, 24-33.

Widayatsari, A. (2013). Akad Wadiah dan mudharabah dalam penghimpunan dana pihak ketiga bank syariah. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 1-21.

Yolanda, R. (2020). Pengaruh Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah terhadap Bonus Wadiah pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019. IAIN Ponorogo.