Cerita Fantasi Anak Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning

Main Article Content

Siti Nur Azizah

Abstract

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara yang dilakukan kepada beberapa tenaga pendidik dan studi pustaka. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagi instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat indkutif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi (SUGIYONO, 2021). Pada kurikulum merdeka saat ini peserta didik dan tenaga pendidik diannjurkan untuk aktif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan Pendidikan. Oleh karena hal itu model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadi sasaran para tenaga pendidik untuk memenuhi tujuan pembelajaran berkurikulum merdeka. Penggunaan cerita fantasi anak sebagai media pembelajaran menjadi salah satu pilihan tenaga pendidik atau guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar yang diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat belajar peserta didik. Cerita fantasi anak ini setidaknya bisa didapatkan tanpa harus menggunakan internet yang artinya bisa didapatkan berupa sebuah buku.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fantasi anak dapat digunakan sebagai media pembelajaran termasuk pada model pembelajaran problem based learning baik pada kelas rendah maupun tinggi.

Article Details

How to Cite
Azizah, S. N. (2023). Cerita Fantasi Anak Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning. Karimah Tauhid, 2(2), 449–455. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7947
Section
Articles

References

REFERENSI

Alyusi, S. D. (2019). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Media Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Hairiah. (2021). Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 1-9.

Marlin Kristina, R. N. (2020). MODEL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PROVINSI LAMPUNG. JURNAL IDAARAH, 200-209.

Muhamad Afandi, E. C. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH . Semarang: UNISSULA Press.

Nafisah, D. (2012). Karakteristik Cerita Fantasi Anak Indonesia Periode 2000-2010. Repositori Universitas Malang.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Setiawan, A. P. (2021). Model Pembelajaran Daring Akibat Covid-19 Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Jurnal Psikologi Proyeksi, 83-91.

Smaldino, S. E. (2008). Instructional Technology and Media for Learning . New Jersey: Pearson Education Inc.

SUGIYONO, P. D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. BANDUNG: ALFABETA.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. jakarta: Bumi Aksara.

Yeti Inayah, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 339-345.