Inovasi Media Pembelajaran Sebagai Kekuatan Pasca Pandemi

Main Article Content

Ilma Agnia Ardiawati

Abstract

Pendidikan saat ini sedang dalam masalah karena adanya pandemi Covid- 19 yang telah melanda Indonesia beberapa tahun belakang. Ditambah dengan permasalahan ekonomi yang saat ini kita tau sedang krisis bukan hanya di Indonesia saja namun semua nergara terdampak karena adanya covid- 19. Masalah ini pun sangat berdampak kepada semua aspek atau bidang termasuk bidang pendidikan. Dengan kebijakan yang telah dibuat pemerintah berharap agar pendidikan di Indonesia lebih berkualitas dan menabah mutu pendidikan. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu penulis ingin mengetahui inovasi media pembelajaran apa yang di terapkan guru sebagai kekuatan pasca pandemi ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni studi literatur dan juga diperkuat oleh studi kasus dengan mengunakan metode kualitatif yaitu wawancara. Peneliatan ini menemukan hasil dan pembahasan yakni inovasi sangat penting bagi kekuatan pembelajaran karena inovasi ini bersangkutan dengan proses pendidikan. Inovasi pembelajaran sangatlah banyak mulai dari teori pembelajaran yang modern atau fleksibel, matode dan media pembelajaran baru, pembelajaran memanfaatkan fasilitas sekolah dan asih banyak inovasi lain. Inovasi sendiri akan gagal apabila guru memiliki pemikiran yang sempit, lamban, meremehkan inovasi dan salah memahami konsep inovasi. Guru juga harus memiliki inovasi baru dalam pembelajaran, agar anak tidak merasa jenuh dan bosan dalam belajar. Media pembelajaran yang di gunakan guru pasca pandemi ini ada banyak sekali sehingga peserta didik senang kembali setelah pembelajaran selama ini daring atau di rumah.

Article Details

How to Cite
Ardiawati, I. A. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Sebagai Kekuatan Pasca Pandemi . Karimah Tauhid, 3(1), 934–942. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.7920
Section
Articles

References

Arum, N., Nur, S., & Nisa, N. (2022). Tantangan Inovasi Pendidikan di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9079–9086.

Danim, S. (2021). Reformasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PGRI PROVINSI SUMSEL DAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 2021, November, 7–11.

Idhartono, A. R. (2020). Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 529–533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Khomairroh, S., & Maharani, S. D. (2022). Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 73–83. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17115

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459

Marwanti, E., Megawati, I., Anggreini, D., & Nugroho, I. A. (2022). Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar pasca pandemi. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 49–58.

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA. Al-Kaaf: Jurnal Riset Kajian Kependidikan Dan Ekonomi Islam, 17.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 (Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic). AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Sugiarto, A. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 432. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Supriyadi. (2022). Pengaruh Media Sosial , Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.874 Abstrak

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid Inculcating Childern Reading and Studying Habit through Teras Ilmu Facility: Tawheed Character Education. EDUCIVILIA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 14. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Widodo, A., Haryati, L. feni, Syazali, M., Indraswati, D., & Anar, A. P. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Dasar Inklusif Selama Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 53–60. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.928

Wijayanti, W. (2020). KEKUATAN INOVASI. Administrasi Pendidikan, 4(1), 88–100.

Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15. https://doi.org/10.29210/02021759

Most read articles by the same author(s)