LAGU ANAK-ANAK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SD
Keywords:
Metode Lagu, Bahasa Inggris, PembelajaranAbstract
Bahasa Inggris dikenal sebagai lingua franca dan juga bahasa Inggris menjadi mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar yang diperkenalkan dari kelas empat hingga kelas enam. Komponen pembelajaran membantu guru mengajarkan empat keterampilan bahasa Inggris seperti berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Namun dari komponen-komponen pembelajaran yang disebutkan di atas teknik pembelajaran tampaknya menjadi komponen kegiatan belajar mengajar yang belum maksimal digunakan di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data teknik berkomunikasi dalam konteks komunikatif yang berbeda pada pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu studi literatur melalui serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasilnya adalah teknik bernyanyi bersama adalah teknik yang sangat disukai anak-anak. Secara umum, bernyanyi untuk anak-anak lebih berfungsi sebagai permainan daripada sebagai pembelajaran atau penyampaian pesan.
References
Annisa, I., & Oktavia, W. (2020). USING STORY MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING READING OF NARRATIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Journal of English Language Teaching, 9(1), 19. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i1.107929
Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS EFEKTIF MELALUI LAGU ANAK-ANAK UNTUK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931
Ratminingsih, N. M. (2016). EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAGU KREASI DI KELAS LIMA SEKOLAH DASAR. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Sopya, I. V. (2018). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU PADA ANAK USIA DINI. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v1i1.4236
Virdyna, N. K. (2015). Penerapan metode fonik dalam pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 113. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.584
Uzer, Y. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4953
Ratminingsih, N. M. (2015). PROFIL PROFESIONALISME DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6916
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Writing poster at higher education: Victor schwab theory analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Pemerataan Pembelajaran muatan lokal bahasa inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK. (n.d.). https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664.s1887
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nisrina Nurazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.