EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL PADA PERSPEKTIF DOSEN AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PERGURUAN TINGGI DI BOGOR)

Main Article Content

Agung Ferdiansyah
Mas Nur Mukmin
Farizka Susandra

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada aktivitas pembelajaran di kampus yang sebelumnya dikemas dengan metode pembelajaran tatap muka menjadi berbasis online, yg mengakibatkan pembelajaran mata kuliah pengantar akuntansi wajib diadaptasi menjadi pembelajaran daring berbasis digital. Penelitian ini bertujuan buat mengungkap efektivitas pembelajaran mata kuliah pengantar akuntansi berbasis digital. Pengumpulan data dilakukan melalui angket Google Form yg dilakukan pada 27 orang dosen aktif yang mengampu mata kuliah pengantar akuntansi di wilayah Bogor. Analisis data memakai analisis tematik data kualitatif. Penelitian membuat lima indiktor yaitu mutu pengajaran, tingkat pengajaran yang tepat, insentif, waktu dan satu indikator baru yaitu hasil belajar. Penelitian ini dibutuhkan bisa sebagai dasar bagi pengambil kebijakan pada perguruan tinggi, pemerintah, dosen & mahasiswa, buat saling berkolaborasi pada mengingkatkan efektivitas perkuliah mata kuliah pengantar akuntansi.

Article Details

How to Cite
Ferdiansyah, A., Mukmin, M. N., & Susandra, F. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL PADA PERSPEKTIF DOSEN AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PERGURUAN TINGGI DI BOGOR). Karimah Tauhid, 1(1), 135–150. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7881
Section
Articles

References

Abdul Haris, Asep Jihad. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Abu Ahmadi dan Supriyono. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arkinto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnold, S. W. (2006). Experiantial Learning In Secondary Agrocultural Education.

Asema, Fuji. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Metodologi Penelitian Terhadap Penyelesaian Proposal Skripi (Studi Kasus: Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP Semester Juli-Desember 2017). Jurnal pendidikan teknik sipil dan kejuruan. Vol 5 No.1 ISSN: 2302 – 3341 Hal: 2087-2090.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Sri Budi Herawati, Ardi Dwi Susandi, Fanni Zulaiha, Rusi Rusmiati Aliyyah. (2021). Analisis Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika). Vol 2 No.1 ISSN: 2622-2159, Hal: 235-246.

Herry. (2020). Akuntansi Dasar 1 & 2. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Khaerati, Eva Sohriati, Nur Muhajirah Yunus. (2021). Persepsi Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo Terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 6 No.1 ISSN: 25795163 Hal: 37-44

Nikmah, Nailiya. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin). Vol. 2 No. 2 ISSN: 2655-8491. Hal: 45-51

Poerwandari, K. (2009). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia (Edisi Ke-3 Ed.). Depok: Lembaga Pengembangan Saran Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Sekaran, U. D. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatana Pengembangkan Untuk Keahlian (Edisi 6, Buku 2 Ed.). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Setiyani, Nastiti Dwi. (2019) Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Kuliah Online Di Fakultas ekonomi Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Bandung: CV Alfabeta.

Triwibowo, Cecep. 2015. Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika:Yogyakarta.

Sari, Yulpida (2022) Persepsi Mahasiswa dan Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komuputer FTIK IAIN Bukit Tinggi Terhadap Pembelajaran Daring Semester Genap 2020/2021. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. Vol 2 No.1, E-ISSN: 2809-1612, Hal: 174-180

Website:

https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f3bc04617957/survei-smrc-92-siswa-memiliki-banyak-masalah-dalam-belajar-daring

https://katadata.co.id/desysetyowati/berita/5f2e8219e6bd3/kuliah-online-dinilai-lebih-fleksibel-tapi-terkendala-infrastruktur

https://www.alodokter.com/virus-corona

https://unida.ac.id/

https://www.unpak.ac.id/

https://uika-bogor.ac.id

https://unb.ac.id

https://www.ibik.ac.id/

https://stietrigunabogor.ac.id