Kesulitan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Alia Febriani

Abstract

Pentingnya bahasa Inggris di era globalisasi seharusnya sudah diajarkan di  sekolah dasar, semakin cepat siswa memperoleh bahasa asing, semakin mudah untuk mengembangkan keterampilannya. Belajar bahasa Inggris lebih sulit daripada belajar bahasa Indonesia karena selain memahami arti bahasanya, siswa juga harus mengetahui cara menulis dan melafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar dan jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang kesulitan pengucapan bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Metode yang digunanakan adalah studi pustaka, Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam melafalkan kosa kata bahasa Inggris. Misalnya, ketika siswa mengatakan cake (keik), itu berubah menjadi (cek), may (mei) berubah menjadi (mai), dan lain sebagainya. Penyebabnya adalah perbedaan pengucapan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta kurangnya latihan, selain itu siswa kurang termotivasi untuk belajar di kelas, sebagian besar siswa kurang aktif sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini dikarenakan guru tidak dapat menciptakan metode pembelajaran yang menarik dimana siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Febriani, A. (2023). Kesulitan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 473–478. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7800
Section
Articles

References

Dhandi, M., Arief, F. M., Rofian, B., Kunci, K., Kesulitan, :, & Inggris, B. (n.d.). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL.

Gusti, I., Agung, A., & Susanthi, D. (n.d.). KENDALA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS DAN CARA MENGATASINYA. Linguistic Community Service Journal │, 1(2), 2021. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658

Humaira, M. A., Balqis, L. F., Rajagukguk, Z. F., & Nurrahmah, S. A. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring: Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 119-128.

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 547-552.

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (n.d.). PROBLEMATIKA BUDAYA BERBICARA BAHASA INGGRIS.

Merdeka, I., Berdasarkan, B., Tamansiswa, A., Penyebab, A., Pengucapan, M., Inggris, B., Kerangka, D., Belajar, M., Konsep, B., Ki, A., & Dewantara, H. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL.

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (n.d.). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Picture Series EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY.

Pendidikan, J., Dakwah, D., Saridevita, A., Suhendar, A., Hasan, N., Kunci, K., Pelafalan, K., & Inggris, K. B. (2022). A N W A R U L ANALISIS KESULITAN PELAFALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN PONDOK MAKMUR. Agustus, 2(4), 364–373. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul

Penelitian, J., Indonesia, G., Huliatunisa, Y., Davina, ;, Hartana, D., Karunia, ;, Purwanti, N., Azhari, N., Salsabila, S., Siti, ;, & Habibah, U. (2022). T S A Q O F A H EVALUASI TINGKAT KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SDN KARANG TENGAH 7. Juli, 2(4), 423–432. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Puspitasari, H. and, Dr. S. M. M. (2013). Peningkatan Kemampuan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Sound Association Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambirembe I Tahun 2013. 1–6.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (n.d.). MASALAH YANG DIHADAPI PELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI PELAJARAN BAHASA INGGRIS.

Yusuf Abdhul. (2022, June 17). Studi Literatur: Cara Membuat dan Contoh. Deepublish Store.