Peran Kepemimpinan Pendidikan

Main Article Content

Siti Fauziah
Anne Effane

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kondisi pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu sekolah, 2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi sekolah dapat dicapai, 3) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala sekolah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, angket dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing yang saling berinteraksi. Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi, mengkoordinir, dan menggerakkan orang-orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan agar dapat dicapai tujuan pendidikan atau sekolah secara efektif dan efisien. Agar tujuan sekolah dapat dicapai secara efektif dan efisien dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Ada tujuh karekateristik kepemimpinan kepala sekolah efektif: memiliki visi yang jelas, memiliki harapan tinggi terhadap prestasi ; memprogramkan dan memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif , mendorong pemanfaatan waktu secara efisien, mendayagunakan berbagai sumber belajar, memantau kemajuan peserta didik baik secara individual maupun kelompok, melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan.

Article Details

How to Cite
Fauziah, S., & Effane, A. (2023). Peran Kepemimpinan Pendidikan. arimah auhid, 2(1), 175–178. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7724
Section
Articles

References

Agustin, P., & Effane, A. (2022). Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah. KARIMAH TAUHID, 1(6), 903–907. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7700

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. KARIMAH TAUHID, 1(2), 234–239. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7701

Damayanti, S. D., & Effane, A. (2023). Fungsi Kewirausahaan Dalam Pendidikan . KARIMAH TAUHID, 1(1), 90–98. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7711

Farah Anisa, & Effane, A. (2023). TUJUAN MANAJEMEN SEKOLAH. KARIMAH TAUHID, 1(1), 80–83. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7720

http://hmpips.fis.um.ac.id/peran-penting-kepemimpinan-dalam-dunia-pendidikan-2/#:~:text=Tugas%20kepemimpinan%20pendidikan&text=Kegiatan%20kepemimpinan%20pendidikan%20hendaknya%20mencakup,sehingga%20lebih%20efektif%3B3

Kepemimpinan Pendidikan Hairunisa Jeflin Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : hairunisajeflin@yahoo.com Hade Afriansyah Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : hadeafriansyah@fip.unp.ac.id

Kepemimpinan Pendidikan Syukri Ramadhani Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : syukri.rmdh@gmail.com

Kepemimpinan pendidikan Tugas kepemimpinan pendidikan Siti fauziah Universitas djuanda, bogor, indonesia jl tol jagorawi no.1, kec. Ciawi, jawa barat Alamat email sf5039797@gmail.com

Sefhia Naila, & Effane, A. (2023). Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(1), 84–89. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7715

Siti Nurharirah, & Effane, A. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709

Sutisna, N. W. ., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. KARIMAH TAUHID, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7719