Penerapan Sanitasi dan Higiene pada Proses Produksi Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

Authors

  • Azka Sayyida Nafisa Universitas Djuanda
  • Siti Nurhalimah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15486

Keywords:

Sanitasi, higiene, AMDK

Abstract

Air adalah elemen esensial bagi kehidupan, dan air minum yang layak dikonsumsi harus aman dan terbebas dari pencemaran dan memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan. Air minum dalam kemasan (AMDK) perlu diproses dengan mematuhi standar kebersihan melalui penerapan sanitasi dan higiene yang tepat. Penelitian ini bertujuan guna mempelajari penerapan sanitasi dan higiene serta mengetahui proses produksi air minum dalam kemasan. Pelaksaan sanitasi dan higiene meliputi beberapa tahapan, yaitu: sanitasi water treatment, ruang filling/pengisi, ruang pengepakan, personal higiene dan pengendalian hama. Hasil penelitian menegaskan bahwa sanitasi dan higiene berperan penting dalam menjaga mutu serta keamanan pangan. Dengan penerapan sanitasi yang baik, industri pangan dapat memastikan produk yang dihasilkan aman, bermutu tinggi dan aman untuk dikonsumsi.

References

Kusumawardani, S., & Larasati, A. (2018). Analisis Konsumsi Air Putih Terhadap Konsentrasi Siswa.

Peraturan Menteri Kesehatan. (2017). Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, Dan Pemandian Umum.

Popkin, B. M., Armstrong, L. E., Bray, G. M., Caballero, B., Frei, B., & Willett, W. C. (2006). A New Proposed Guidance System For Beverage Consumption In The United States 1-3.

Rahmadhani, D., & Sumarmi S. (2017). The Description of Food Sanitation and Hygiene At PT Aerofood Indonesia, Tangerang, Banten. 27–39.

Rumini, E. (2021). Pengertian Sanitasi dan Hygiene. Akademi Tata Boga.

Siswati, R. (2004). Penerapan Prinsip Sanitasi dan Hygiene Dalam Industri Perikanan.

SNI (2015). Air mineral. www.bsn.go.id

Somani, S. B., Ingole, N. W., & Kulkarni, N. S. (2011). Disinfection Of Water By Using Sodium Chloride (Nacl) And Sodium Hypochlorite (Naocl).

WHO. (2022). Fourth Edition Incorporating The First And Second Addenda Guidelines For Drinking-Water Quality.

Winarno, F. G., & Surono. (2004). HACCP dan Penerapannya Dalam Industri Pangan.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Nafisa, A. S., & Nurhalimah, S. (2024). Penerapan Sanitasi dan Higiene pada Proses Produksi Air Minum dalam Kemasan (AMDK). Karimah Tauhid, 3(10), 10950–10960. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15486

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2