Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di SMP Amaliah Bogor dan SMPN 1 Dramaga
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15011Keywords:
Impelentasi, Kurikulum Merdeka, PendidikanAbstract
Penelitian ini menilai pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Indonesia dengan menggunakan teori implementasi dari George Edward III, yang mencakup aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Kurikulum Merdeka dirancang untuk proses transparansi pada sektor pendidikan dalam mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan siswa, serta untuk mendorong kreativitas, partisipasi, dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka dipengaruhi oleh komunikasi yang efektif, ketersediaan sumber daya yang cukup, sikap positif dari guru dan staf pendidikan, serta struktur birokrasi yang efisien. Dengan memperhatikan dan mengelola keempat aspek ini secara efektif, diharapkan Kurikulum merdeka bertujuan melakukan perkembangan pada sektor pendidikan dengan meningkatkan kualitas pendidikan, mengasah potensi – potensi pada siswa serta mencetak sumber daya manusia yang dapat bersaing pada era globalisasi dan tantangan pada masa yang akan datang.
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Apriliani, A., Nursyahrani, A., Harefa, B. S., Febiantina, E. A., & Nurjanah, S. R. (2024). Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar (MBKM). Karimah Tauhid, 3(2), 2401–2411. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12101
Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230
Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (2023). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik, 5(2), 37–50.
Halimah, N., Hardiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 08(01), 1–15. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/pgmi/article/view/3513/1247
Septiani, P. (2023). Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar dan efektivitas peran guru. Conference, 20, 587–591.
Sutri Ramah, & Miftahur Rohman. (2023). Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 1(1), 97–114. https://doi.org/10.62448/bujie.v1i1.23
Wahyuningsih, R. S., Zahro, F., Anggrestia, N. V., & Putri, M. (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. 2(2).
Wijayanti, A., & Tirtoni, F. (2024). Analisis Faktor Kendala dan Hambatan Guru SD Dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio, 10(1), 304–311. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7961
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rafli Sultoni, Iwan Setiawan, Afmi Apriliani, Denny Hernawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.