Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15261Keywords:
Efektivitas, SIM Online, Waktu, Kecermatan, Gaya Pemberi PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efekttivitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) online di Polres Tanah Datar Sumatera Barat. Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian informan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini membahas efektifitas pelayanan di Polres Tanah Datar Sumatera Barat dengan tiga teori yaitu: 1) waktu kemampuan penyedia layanan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan segera dan terpercaya, kecermatan anggota kepolisian dalam memberikan pelayanan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dengan cepat dan mudah. 2) kecermatan pelayanan diterapkan dengan baik dimana hal tersebut petugas tetap berusaha mengatasi masalah tersebut dengan memberikan solusi kepada masyarakat agar saat melakukan pengurusan tidak merasa kecewa kepada petugas dan juga dapat menjelaskan kepada masyarakat agar dapat diterima dengan baik. 3) gaya pemberi pelayanan telah diterapkan dengan baik dimana hal tersebut telah menerapkan sistem pelayanan publik yang benar dimana hal tersebut tetap ramah di depan masyarakat dan juga sopan, cepat dalam menanggapi saat melakukan pelayanan kepada masyarakat.
References
Gusriani, iU. i(2015) i‘Pelayanan iPengurusan iSurat iIzin iMengemudi i(SIM) iDi iKantor iKepolisian iResort iKota i(Polresta) iSamarinda’, ieJournal iAdministrasi iNegara, i3(5), ipp. i1553–1565. iAvailable iat: ihttp://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2015/11/JURNALi1i(11-13-15-02-22-24).pdf.
Gemilang, iC. i(2016). iImplementasi iPelayanan iPrima iDalam iPembuatan iSurat iIzin iMengemudi i(SIM) iDi iPolresta iSamarinda. iAdiminstrasi iNegara, i4(1), i2480–2492. ihttps://www.portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3815
Menteri iHukum idan iHak iAsasi iManusia iRepublik iIndonesia i(2009a) iUndang-Undang RepublikiIndonesiaiNomori22iTahuni2009iTentangiLaluiLintasidaniAngkutaniJalan.
Menteri iHukum idan iHak iAsasi iManusia iRepublik iIndonesia i(2009b) iUndang-Undang RepublikiIndonesiaiNomori25iTahuni2009iTentangiPelayananiPublik.i
Milles idan iHuberman, iAnalisis iData iKualitatif, iJakarta: iUniversitas iIndonesia iPress, i1992,ihlm.i16.
Permini, iN. iL. iP. iE. i(2019). iAnalisis iEfektivitas iPelayanan iSurat iIzin iMengemudi i(SIM) iPada iPolres iKarangasem. iCakrawarti, i2(1), i5–12. ihttps://www.ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/cakrawarti/ar ticle/view/114/111
Rosita, iD. i(2021)i‘Pelayanan iPenerbitan iSurat iIzin iMengemudi i(SIM) ipada iSatuan iLalu iLintasiPolresiKabupateniEnrekang’,i3(2),ip.i6.
Simamora,iH.i(2008).iManajemeniSumberdayaiManusia.iBPiSTIEiYKPN.
Yunita, iN.S.i(2018)i‘Analisis iKualitas iPelayanan iTerhadapiKepuasaniPelanggan i(Studi iKasus iDalam iPelayanan iPembuatan iSim iDi iSatlantas iMedan)’, iskripsi.Universitas iIslamiNegeriiSumateraiUtara-Medani[Preprint].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ainul ghina ainul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.