Konsep dan Implementasi Activity Based Management (ABM) pada Hotel GCM

Authors

  • Hanna Maulyda Assyfa Universitas Djuanda
  • Refaldi Indra Purnama Universitas Djuanda
  • Doni Rizki Ramadan Universitas Djuanda
  • Amelia Kartini Universitas Djuanda
  • Della Laela Fitri Universitas Djuanda
  • Rahmat Hidayat Universitas Djuanda
  • Mila Anggraini Universitas Islam Sumatera Utara
  • Saeful Anwar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14638

Keywords:

Activity based management, Analisis aktivitas, Efisiensi operasional

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mendorong terciptanya lingkungan industri yang semakin kompetitif dan dinamis. Persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama dalam industri jasa seperti perhotelan, menuntut efisiensi yang tinggi dalam mengelola aktivitas agar lebih efisien dan efektif tanpa mengorbankan kualitas layanan kepada pelanggan. Activity-Based Management (ABM) telah terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam mencapai tujuan ini. Metode penelitian studi literatur  digunakan penelitian ini untuk menganalisis konsep dan implementasi ABM di Hotel GCM. Data dikumpulkan melalui analisis literatur dan kajian pustaka yang relevan dengan konsep ABM dan implementasinya dalam industri perhotelan. Penelitian Ini bertujuan menggunakan ABM di Hotel GCM untuk memangkas biaya tanpa mengurangi kualitas layanan dengan cara identifikasi dan evaluasi  aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Activity Based Management (ABM) di Hotel GCM efektif dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pengendalian biaya. ABM membantu hotel melakukan identifikasi dan penghilangan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Annisa, F., & Santoso, A. A. (2020). Peningkatan Efesiensi Biaya Melalui Activity Based Management. Jurnal Riset dan Aplikasi : Akuntansi dan Manajemen 4.

Anwar, S., Setiawan, A. B., & Ningsih, K. F. (2023). Analysis Factors That Determine Choise of Accounting Study Program in University. Proceeding Djuanda International Conference, 317-322.

Ayu, Y. S., & Nugroho, M. (2023). Analisis Penerapan Metode Activity Based Management Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada PT. Pesona Arnos Beton Gresik. Journal of Student Research, 122-137.

Gunarso, A. (2012). Analisis penggunaan Activity Based Management (ABM) untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi dan Profitabilitas pada Perusahaan Tahu UD. 3 S' PRIMA Kota Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Jusmani, & Oktariansyah. (2021). Activity Based Management Sebagai Instrumen Bagi Manajemen Dalam Efisiensi Biaya. Jurnal Media Wahana Ekonomika.

Kaukab, M. E. (2019). Implementasi activity based costing pada UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology.

Lestari, N. S., Suyanto, & Kurniawan, A. (2021). Peran Activity Based Management Dalam Upaya Meningkatkan Efesiensi Pada Moovby Indonesia. Jurnal Akuntansi AKTIVA.

Muskitta, C. J., Morasa, J., & Alexander, S. (2018). Analisis Penerapan Activity Based Management untuk Meningkatkan Efisiensi pada Hotel Gran Central Manado. Jurnal Riset Akuntansi, 467-476.

Nasution, N. A., Tuti Anggraini, & Syafina, L. (2023). Analisis Penerapan Activity Based Management Untuk Meningkatkan Efesiensi Biaya Produksi Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. J-ISACC: Journal Islamic Accounting Competency, 1-19.

Pratama, S. A. (2020). Analisis Penerapan Activity Based Management untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi pada PT Preshion Engineering Plastec. Untag Surabaya Respository.

Sitorus, M. H., Poputra, A. T., & Runtu, T. (2014). Penerapan Activity Based Management untuk Meningkatkan Efisiensi pada Hotel Sahid Kawanua Manado. Jurnal EMBA, 937-1089.

Solikin, F. V., Hat, V., & Wokas, H. R. (2022). Pengaruh Penerapan Activity Based Managemet (ABM) Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT Bank SulutGo Kantor Pusat Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 815-826.

Sutisna, D., Nirwansyah, M., Ningrum, S. A., & Anwar, S. (2024). Studi Literatur terkait Peranan Teori Agensi Pada Konteks Berbagai Issue Di Bidang Akuntansi. Karimah Tauhid.

Syawal, R., Safaruddin, & Robbi Santoso. (2022). Analisis Manfaat Penerapan Activity Based Management Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Pada PT Semen Baturaja (Persero) TBK. AT TARIIZ: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Assyfa, H. M., Purnama, R. I., Ramadan, D. R., Kartini, A., Fitri, D. L., Hidayat, R., Anggraini, M., & Anwar, S. . (2024). Konsep dan Implementasi Activity Based Management (ABM) pada Hotel GCM. Karimah Tauhid, 3(8), 9400–9414. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14638
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2