Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Muttaqien Bogor

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Djuanda
  • Putri Yuliyaningsih Universitas Djuanda
  • Hasan Bisri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14539

Keywords:

Implementasi, pelajar pancasila

Abstract

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-Muttaqien merupakan langkah strategis dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui bagaimana implementasi P5 di SMP IT Al-Muttaqien dalam mengatasi bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian implementasi P5 di SMP IT Al-Muttaqien memiliki banyak sekali dampak positif salah satunya adalah berkurangnya kasus bullying yang terjadi pada lingkungan sekolah. Pada umumnya bullying terjadi karena siswa tidak saling mengenal dan kurang berinteraksi satu sama lain, sehingga terjadi miss communication antara siswa satu dan siswa yang lain. Tujuan program P5 adalah untuk membekali peserta didik dengan berbagai hal, seperti sikap dan karakter yang mencerminkan jiwa Pancasila. Dalam praktiknya, diharapkan program P5 ini dapat berdampak pada diri peserta didik sehingga mereka dapat menjadi bekal untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan zaman.

References

Coloroso, Barbara. (2003:44). Penindas, Tertindas, dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka

Irsyad, I. &. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Batusangkar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5149-5157.

Kemendikbudristek. (2022). “Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada

Kurikulum Merdeka.”. Kemendikbudristek, 1–37.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022

Kurniastuti, R. N. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287 – 293.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Muttaqin, B. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI SMAN 2

TANGGUL. . TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora,, 4(1), 32–42.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9, (pp. 1–8). Samsul, A. (2021). Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan

Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era MIlenial. Tesis tidak

diterbitkan.Purwokerto.Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwekerto.

Setiawati, K. S. (2023). POTRET GURU DI SEKOLAH PENGGERAK: STUDI KASUS DI SMPN 10 MATARAM NUSA TENGGARA BARAT. Edutainment, , 11(2), 63-71.

Shalikha, P. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Pendidikan Ekonomi, , 15(2), 86–93.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.

Ulandari, S. &. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. . Jurnal Moral Kemasyarakatan, , 8(2), 12–28.

Usman, A. S. (2024). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH: A LITERATUR

REVIEW. . Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, , 9(1), 3079-3088.

Wahidah, N. Z. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. .

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, , 8(1b), 696–703. .

Wardani, D. P. (2024). Implementasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Pasuruan. Journal Publicuho, Volume 7 Number 2.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Aisyah, S. ., Putri Yuliyaningsih, & Hasan Bisri. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Muttaqien Bogor. Karimah Tauhid, 3(8), 8865–8872. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14539
Abstract viewed = 3 times