Kesulitan Mahasiswa Semester Satu dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Hanin Wulan Fatia Putri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14531

Keywords:

Tantangan, Kendala, Kesulitan

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris sangat diakui pentingnya, terutama dalam kebijakan pendidikan yang mengharuskan pembelajaran bahasa Inggris dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bahasa Inggris tidak hanya krusial untuk pencapaian akademis tetapi juga vital dalam karier di pasar kerja global. Sebuah studi yang melibatkan lima mahasiswa semester pertama di Universitas Djuanda bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka. Responden berasal dari berbagai jurusan, termasuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan non-PGSD. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kesulitan utama mereka terletak pada kemampuan berbicara, mendengarkan, dan memahami tata bahasa. Tantangan seperti pengucapan yang kurang tepat, kesalahan penulisan, dan latihan tata bahasa menjadi masalah utama dalam proses belajar mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya mengatasi tantangan-tantangan ini agar mahasiswa dapat belajar bahasa Inggris lebih efektif, yang dianggap sangat penting untuk sukses akademis dan profesional di masa depan.

References

Dewi Kurniawati. (2015). Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran. PBI IAIN Raden Intan, 8(1), 22.

Makassar, S. M. A. N., & Uleng, B. P. (2022). BAHASA INGGRIS BERBASIS LANGUAGE FOCUSED LEARNING DI. 6(1), 112–120.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246

Sudrajat, H. N., & Herlina, H. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.21009/jiv.1002.6

Suryana, A., Prama, B. Y., Damariva, R., & Addriadi, I. (n.d.). Aktivitas Kepedulian Terhadap Pendidikan Melalui Kegiatan Mengajar Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Nanggerang , Kecamatan Cililin Concern Activities for Education through Teaching English and Islamic Religious Education at SDN Nanggerang , Cililin District.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Syarifa, C., & Kusuma, D. (2018). Integrasi bahasa inggris dalam proses pembelajaran. XV(2), 43–50.

Walidin, W. (2015). Metodologi Peneltian Kualitatif dan Grounded Theory.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Putri, H. W. F. (2024). Kesulitan Mahasiswa Semester Satu dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(8), 9350–9357. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14531
Abstract viewed = 0 times