Analisis Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Psikososial Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14149Keywords:
gadget, psikososial, faktorAbstract
Perkembangan psikososial merupakan proses keterkaitan kesehatan mental atau emosional seseorang dengan lingkungan sosialnya. Adapun faktor yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak prasekolah adalah kebiasaan lingkungan disekitarnya, seperti pemakaian smartphone/gawai. Perkembangan sosial pada anak dapat terganggu bila anak memakai smartphone secara berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemakaian smartphone dengan perkembangan psikososial anak. Metode penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka, data dikumpulkan dengan metode pencarian dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, serta penelitian yang telah dilakukan.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 10(1), 87–96.
Budiwati, R., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 394–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6962646
Djohan. (2012). Terapi Musik Teori dan Aplikasi. Galangpress.
Ernawati, W. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sd Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Jurnal ProNers, 3(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/10533
Heryanto, M. L., Saprudin, A., Yanti, S. D., & Moonti, M. A. (2023). Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Pada Anak Prasekolah. Journal of Midwifery Care, 3(02), 136–144. https://doi.org/10.34305/jmc.v3i02.740
Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. R. (2013). Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 149–155. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2716
Maulida, H. (2013). Menelisik pengaruh penggunaan aplikasi gadget terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(1)(1–11).
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2018). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125.
Suhendro, P., Rahman, T., & Nurizakiyah. (2023). Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 13(2), 34–39.
Veniawati, K. L., Labir, I. K., & Sulisnadewi, N. L. K. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Risiko Masalah Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 217–227.
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nasywa Nur Kamila Sari; Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.