Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kartun Ipin Ipin Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Mery Yanti Cantika Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14145

Keywords:

Nilai-Nilai Karakter, Perkembangan Psikologi, Serial Upin Ipin

Abstract

Animasi adalah salah satu tontonan yang disukai oleh anak anak pada masa perkembanganya,tontonan yang menuntun disuguhkan dalama bentuk yang menarik seperti film kartun yang memberikan edukasi bermanfaat.apa saja pesan  manfaat ataupun nilai yang terdapat dalam serial Upin Ipin dan apa saja  yang terkandung dalam tokoh Upin Ipin pada tipe psikologi perkembangan anak, penelitian ini berdasarkan pada temuan penelitian. Nilai-nilai pembentukan karakter dalam serial upin ipin mencakup penerapan hampir seluruh nilai-nilai pembentukan perilaku ataupun karakter dari tokoh-tokoh serial tayangan Upin Ipin, Nilai-nilai pengembangan perilaku ataupun karakter dalam film Upin Ipin antara lain: kartun Upin dan Ipin menunjukkan perilaku prososial, yaitu kartun Upin dan Ipin disajikan sebagai kerjasama, kompetisi, kemurahan hati, keinginan untuk diterima secara sosial, kasih sayang, empati.ketergantungan, persahabatan, altruisme, perilaku imitasi dan keterikatan. Pola perilaku anak juga menunjukkan perilaku antisosial, antara lain sikap negatif, berkelahi, dan egois.

References

Adibah, H. (2022). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin: Keris Siamang Tunggal dan Relevansinya dengan Aspek Perkembangan Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. 1–23.

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Fitri, A. N., & Nailul, S. (2021). Pengaruh Menonton Animasi bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 144–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40737

Hamas, A. R., Yasin, M., & ... (2024). Analisis Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin Episode Ragam Ramadhan Di Youtube. Journal of …. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/view/347%0Ahttps://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/download/347/316

Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883–1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713

Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran Digital Parenting Terhadap Perkembangan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Bunayya Giwangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 41. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.4012

Nuwa, G., Bebhe, M., & Syamsyah, N. (2017). Exploring the Cultural Values of Kiki Ngi’i as the Basis for Youth Character Education in the Soa Community of Ngada Regency, East Nusa Tenggara Province. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(2), 131–145. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.5

Rakhima, H. M. (2013). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN DALAM FILM KARTUN UPIN IPIN KARYA MOHD NIZAM BIN ABD RAZAK SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat M. http://digilib.uin-suka.ac.id/7551/2/BAB II, III.pdf

Safitri, A. R., Murtono, M., & Setiawan, D. (2022). Dampak Film Animasi Upin Ipin Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.6974

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Cantika, M. Y. . (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kartun Ipin Ipin Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(7), 7728–7734. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14145
Abstract viewed = 5 times

Most read articles by the same author(s)