Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamidi Harjasari (Seuseupan) menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Said Riziq Assegaf Universitas Djuanda
  • Rindu Aulia Razika Hilmi Universitas Djuanda
  • Heli Setiawati Universitas Djuanda
  • Muhammad Nurohman Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14136

Keywords:

Alfamidi, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Importance Performance Analysis (IPA)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi serta menganalisa pengaruh atribut-atribut store atmophere terhadap keputusan pembelian pelanggan di Alfamidi Harjasari (Seuseupan).  Deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini, kuesioner disebarkan kepada 50 pelanggan yang berbelanja di Alfamidi Harjasari (Suseupan). Teknik pengumpulan datanya adalah angket yang dievaluasi dengan skala Likert. Purposived sampling dalam penelitian ini digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan sampel. Hasil yang didapat sesuai dengan analisis nilai koefisien determinasi (R2) yang dilakukan menggunakan SPSS 25 mengidentifikasi bahwa variabel store atmosphere berpengaruh sebesar 71.6%.  Artinya, store atmosphere berpengaruh yang besar dan penting untuk tindakan keputusan tentang pembelian konsumen. dan meningkatkan kesadaran merek. Menurut hasil IPA, tiga komponen yang paling signifikan memengaruhi keptusan pembelian Alfamidi Harjasari (Seuseupan) adalah bagian cat dinding toko Alfamidi yang terlihat bersih (P8) Area toilet Alfamidi yang mudah diakses (P18) dan produk display yang mudah diakses (P23).

References

Katarika, D. M., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(2), 162-171.

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.

Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 21-27.

Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), 186-200.

Putri, N. F. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mal Kelapa Gading Jakarta Utara/Nanda Faturrohmi Putri/22160420/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.

Yuliana, Y., & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(2), 163-171.

Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727-737.

Farizky, M. I., Thalib, S., & Hendratni, T. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Di “What’s Good Coffee’. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(2), 92-103.

Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510-521.

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh store atmosphere pada kepuasan pelanggan yang berimplikasi pada loyalitas pelanggan. Jurnal Ecodemica, 1(2), 240-249.

Resti, M., & Henky, L. S. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli konsumen pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal bisnis dan ekonomi, 17(2), 98-102.

Nugraha, R., Harsono, A., & Adianto, H. (2013). Usulan peningkatan kualitas pelayanan jasa pada bengkel “x” berdasarkan hasil matrix importance-performance analysis. Reka Integra, 1(3).

Rawis, R. R. S., Lapian, S. J., & Wullur, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Novotel Manado). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2).

Palinggi, Y., Sabran, S., & Hamji, H. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 67-77.

Pratiwi, I. W., & Hendrawan, D. (2018). Implementasi Importance-Performance Analysis (IPA): Analisis Preferensi Konsumen Muda Mie Setan Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1-20.

Sulistyo, A. B., Rafauzi, I., & Wijaya, H. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomaret dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). J. Media Tek. dan Sist. Ind, 6(2), 95-106.

Silaningsih, E., & Fahrosi, M. (2020). Strategi Store Atmosphere Pada Rumah Makan Soto Bogor Maamar Jakarta. Jurnal Visionida, 6(2), 41-51.

Tampubolon, E. L. B., & Purba, T. (2023). Pengaruh Customer Perception dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Alvaro. eCo-Buss, 6(1), 92-105.

Hidayati, N., & Kurnianingsih, H. (2022). Menguji Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kfc Cabang Solo. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen Malahayati, 11(2), 12-21.

Tupamahu, Y. M., & Hamka, H. (2017). Analisis kepuasan konsumen roti (Studi kasus pada Golden Bakery di Ternate). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 10(1), 51-59.

Roeke, A., & Nurlela, S. (2023). Analisis Kualitas Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Infortech, 5(1), 30-35.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Assegaf, S. R. ., Hilmi, R. A. R. ., Setiawati, H. ., & Nurohman, M. . (2024). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamidi Harjasari (Seuseupan) menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Karimah Tauhid, 3(7), 7488–7515. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14136
Abstract viewed = 8 times

Most read articles by the same author(s)