Metode Important Performance Analysis (IPA) untuk Menentukan Harapan Konsumen Alfamidi Rancamaya terhadap Kualitas Pelayanan Store Atmosphere

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Djuanda
  • Karmila Universitas Djuanda
  • Azzahra Zettira Subhiani Universitas Djuanda
  • Abdul Hamid Universitas Djuanda
  • Bunga Putri Andriyani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14134

Keywords:

Harapan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Important Performance Analysis

Abstract

Industri ritel, khususnya minimarket kini menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat. Salah satu ritel yang berkembang di Indonesia adalah Alfamidi, termasuk Alfamidi Rancamaya yang harus bersaing dengan berbagai retail pesaing di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi pelayanan store atmosphere dalam memenuhi harapan konsumen Alfamidi Rancamaya, serta menentukan strategi untuk mengatasi tantangan persaingan dan memastikan kelangsungan bisnis. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner kepada 50 responden yang merupakan konsumen di Alfamidi Rancamaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan data yang diperoleh diolah menggunakan metode Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alfamidi Rancamaya perlu melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap beberapa elemen store athmosphere dalam rangka menentukan harapan konsumen terhadap pelayanan store atmosphere.

References

Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI STRATEGI STORE ATMOSPHERE. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), 186-200.

Sari, M. N., & Maimunah, E. (2023). Konsentrasi Industri Perdagangan Beras Eceran Dikecamatan Panjang Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Journal on Education, 6(1), 6448-6456.

Putri, N. F. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mal Kelapa Gading Jakarta Utara/Nanda Faturrohmi Putri/22160420/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Hidayat, E. S. (2019). Kinerja pelayanan birokrasi dalam mewujudkan kepuasan pelanggan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Agia, L. N., & Nurjannah, H. (2022). Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan Importance Performance Analysis. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(2), 1570-1574.

Saputri, E. D., & Pd, S. (2018). Analisis Pelayanan Publik Pemerintahan Desa Tlanak Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. JPAP J. Penelit. Adm. Publik, 4(1), 962-968.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif

dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset

Hermawan, S. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo, Teori Kinerja dan Pengukurannya, (Jakarta

Bumi Aksara, 2014), hal. 60

Hill, A.V. (1992). Field service management. Illinois: Richard D. Irwin, Inc.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2007). Consumer behavior (9thed). New Jersey

Prentice Hall.

Berman, Barry, and J.R Evans. (2018). Retail Management: A Strategic Approach, Global

Edition, Edisi 13. 13th ed. New Jersey: Pearson Education Limited.

Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode

Importance Perfomance Analysis Dan Model Kano. Revision. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mudjanarko, Sri Wiwoho, Dwi Sulastri, and Atik Wahyuni. (2020). Scopindo Medika

Pustaka Metode Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Mengukur Kinerja Prasarana Kereta Api Melalui Kepuasan Pelanggan.

Purnomo, Wirdha, and Dyah Riandadari. (2015). “Analisa Kepuasan Pelanggan

Terhadap Bengkel Dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Di PT. Arina Parama Jaya Gresik.” Jurnal Teknik Mesin, 03(3): 54–63.

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Hidayat, R., Karmila, Subhiani, A. Z., Hamid, A., & Andriyani, B. P. (2024). Metode Important Performance Analysis (IPA) untuk Menentukan Harapan Konsumen Alfamidi Rancamaya terhadap Kualitas Pelayanan Store Atmosphere. Karimah Tauhid, 3(7), 7532–7549. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14134
Abstract viewed = 5 times