Analisis Cemaran dan Pemalsuan Daging Babi Terhadap Berbagai Produk Olahan Daging Sapi dengan Metode Polimerase Chain Reaction (PCR)

Authors

  • Vadilla Pitaloka Universitas Djuanda
  • Raden Siti Nurlaela Universitas Djuanda
  • Gigin Ginanjar Universitas Djuanda
  • Ilham Novari Universitas Djuanda
  • Jihan Putri Pratama Universitas Djuanda
  • Mailani Dwi Saputri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.14046

Keywords:

pencemaran, pemalsuan, daging babi, daging sapi, Polymerase Chain Reaction (PCR)

Abstract

Pencemaran dan pemalsuan produk makanan khususnya dalam produk olahan daging merupakan masalah yang sering terjadi sebagai upaya untuk mengurangi biaya produksi dan memperoleh keuntungan yang tidak kalah besar. Satu diantara contoh pemalsuan yang umum terjadi yaitu penggantian daging sapi dengan daging babi. Analisis ini memiliki tujuan untuk menyampaikan keterangan terkait status kehalalan produk pangan dari berbagai produk olahan daging sapi dengan menerapkan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR). Metode penelitian yang diterapkan dengan cara melakukan penelusuran literatur menggunakan Google Scholar, dengan istilah cemaran dan pemalsuan daging babi dalam produk olahan daging sapi menggunakan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasil review jurnal penelitian menyatakan bahwa metode PCR efektif untuk mengidentifikasi cemaran daging babi terhadap produk yang terbuat dari daging sapi. Beberapa sampel menunjukkan adanya kandungan daging babi, yang mengindikasikan potensi cemaran dan pemalsuan produk, namun adapula sampel yang tidak menunjukkan kandungan daging babi didalamnya. penemuan ini memberikan wawasan yang lebih dalam terkait dengan masalah kontaminasi pada industri pangan.

References

Irwandi, I., Wardi, E. S., & Dova, S. (2020). DETEKSI CEMARAN GEN BABI PADA PRODUK BAKSO SAPI KEMASAN DI KOTA PADANG MENGGUNAKAN METODE PCR (Polymerase Chain Reaction). JAFP (Jurnal Akademi Farmasi Prayoga), 5(2), 10–22.

Margawati, E. T., & Ridwan, M. (2010). Pengujian pencemaran daging babi pada beberapa produk bakso dengan teknologi PCR: Pencarian sistem pengujian efektif. Berita Biologi, 10(1), 93–98.

Maulani, T. R., Susilo, H., Indriati, M., & Suhaemi, A. (2020). Deteksi Cemaran DNA Babi Dengan RT-PCR Pada Sosis Tanpa Logo Halal MUI Dari Empat Kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Gorontalo Agriculture Technology Journal, 3(2), 72–80.

Purwantoro, R., Suryandani, H., Hudaya, D. A., Yuniarsih, E., & Rostianti, T. (2022). DETEKSI CEMARAN DAGING BABI PADA SOSIS SAPI DENGAN METODE MULTIPLEX PCR DI WILAYAH KABUPATEN PANDEGLANG. Teknotika, 2(2), 50–55.

Puspitasari, R. L., Elfidasari, D., & Perdana, A. T. (2019). Deteksi kandungan babi pada makanan berbahan dasar daging di Kampus Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 5(2), 66–69.

Wahyuni, S., Maryam, S., & Aminah, A. (2019). Validasi Metode Analisis Cemaran DNA Babi pada Bakso Sapi Menggunakan Primer Mitokondria D-Loop22 dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy)(e-Journal), 5(1), 65–72.

Wijaya, H., Darmawati, S., & Kartika, A. I. (2018). Deteksi Daging Babi pada Tiga Merk Kornet Sapi Berdasarkan Gen Cytochrome b dengan Metode PCR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1, 157–162.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Pitaloka, V., Siti Nurlaela, R., Ginanjar, G., Novari, I., Putri Pratama, J., & Dwi Saputri, M. (2024). Analisis Cemaran dan Pemalsuan Daging Babi Terhadap Berbagai Produk Olahan Daging Sapi dengan Metode Polimerase Chain Reaction (PCR) . Karimah Tauhid, 3(6), 7218–7227. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.14046
Abstract viewed = 17 times

Most read articles by the same author(s)