Konsep dan Penerapan Key Performance Indicator Pada Perusahaan Jasa di Indonesia: Kajian Literatur

Authors

  • Ismi Rahmatunnisa Universitas Djuanda
  • Chantika Putri Alycia Universitas Djuanda
  • Rulistya Maharani Universitas Djuanda
  • Rindu Auliha Razika Hilmi Universitas Djuanda
  • Heli Setiawati Universitas Djuanda
  • Muhammad Rizki Ramdani Universitas Djuanda
  • Saepul Anwar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13975

Keywords:

Key Performance Indicator, Perusahaan Jasa, Studi Pustaka

Abstract

Perusahaan di Indonesia khususnya pada sektor jasa yang mulai menggunakan KPI untuk mengukur dan meningkatkan kinerja perusahaan, penerapan KPI pada perusahaan jasa penting karena dapat membantu perusahaan yang terstruktur dan terkuantifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan penerapan KPI (Key Performance Indicator) pada perusahaan jasa di Indonesia. KPI (Key Performance Indicator) adalah alat penting yang digunakan untuk mengukur dan mengelola kinerja perusahaan. Metodelogi yang digunakan penelitian ini adalah metode studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai literatur terkait penerapan KPI (Key Performance Indicator) di berbagai jenis perusahaan jasa. Alasan peneliti menggunakan metode ini untuk mendapatkan dan membangun dasar teoritis, serta mengarahkan penelitian ke arah yang lebih fokus dan relevan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan KPI yang tepat dapat mendorong inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan membantu perusahaan menyesuaikan diri dengan perubahan pasar. Serta menunjukkan bahwa memilih KPI yang relevan dan sesuai dengan tujuan strategis perusahaan sangat penting untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

References

Ahyadi, H., Saputra, R., & Putri, E. N. (2023). Analisis Penerapan Metode Kaizen 5s terhadap Kinerja Karyawan Pada Laboratium Jasa Pengujian Kimia. Presisi, 10-17.

Baramuli, J. L., Manossoh, H., & Pinatik, S. (2023). Analisis Penerapan Model Four Levers Of Control dalam Meningkatkan Kinerja Karaywan Divisi Keungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Bitung. Manajemen Bisnis dan Keuangan Korporat, 97-111.

Bernard, M. (2016). 25 Key Performance Indicators yabf Harus Diketahui. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Govindan, K., Aditi, Darbari, J. G., Kaul, A., & Jha, P. (2021). Structural Model For Analysis Of Key Performance Indicators For Sustainable Manufacturer-Suplier Collaboration: A Grey-Decision-Making Trial and Evakuation Laboratory-Based Approach. Business Strategy and The Environment, 1702-1722.

Hanggara, A. (2019). Pengantar Akuntansi. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Hersusetiyati, Febrianti, W., Sari, R. D., & Yanshah, A. P. (2024). Analisis Kinerja Karyawan Melalui Penerapan Key Performance Indicator (KPI) di PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda). Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis.

Hidayat, R. (2017). Perancangan Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa (Studi Kasus Pada PT. Gresik Graha Wisata).

Khoirunnisa, A., Suroso, & Angela, F. P. (2024). Pengaruh Penilaian KPI (Key Performance Indicator) dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Tongwei Indonesia. MSEJ.

Lubis, P. I., & Kusumanto, I. (2018). Penilaian Kinerja Karyawan Mengggunakan Metode Key Performance Indicator (KPI) (Studi Kasus: Cv. Bunda Bakery Pekanbaru). Jurnal Sains Teknologi dan Industri, 37-45.

Mardalis. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Manurung, H., & Purba, H. H. (2021). Implementasi KPI Perusahan: Kajian Literatur. Journal of Industrial and Engineering System (JIES), 1-12.

Rohim, M. (2020). Analisis Pencapaian Key Performance Indicator (KPI) Pada Sistem Aplication and Product (SAP) PT. GMF AeroAsia Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen, 150-164.

Setiawan, A. B., Anwar, S., & Zamaludin, A. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Value For Money Pada Satuan Kerja Balai Penelitian Tanaman Hias Kab. Cianjur. Jurnal Akunida, 132-146.

Shirouyehzad, H., Rafiei, F. M., & Shahgholi, E. (2016). Performance Evaluation of Organisational Units Based on Key Performance Indicators with Aglity Approach by Using MADM, QFD: A Case Study in Darakar Compony. International Journal of Productivity and Quality Management, 198-214.

Sugiono, R. (2018). Metodelogi Penelitian Sosial.

Sutisna, D., Nirwansyah, M., Ningrum, S. A., & Anwar, S. (2024). Studi Literatur Terkait Peranan Teori Agensi Pada konteks Berbagai ISSUE Di Bidang Akuntansi. Karimah Tauhid, 4802-4821.

Zabidi, Y., & Astuti, M. (2020). Pengukuran Dan Analisis Kinerja Industri Kreatif Kerajinan Batik XYZ Wukirsari Bantul. Jurnal DINAMIKA TEKNIK.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Rahmatunnisa, I. ., Alycia, C. P., Maharani, R. ., Hilmi, R. A. R. ., Setiawati, H. ., Ramdani, M. R. ., & Anwar, S. . (2024). Konsep dan Penerapan Key Performance Indicator Pada Perusahaan Jasa di Indonesia: Kajian Literatur. Karimah Tauhid, 3(6), 7020–7032. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13975
Abstract viewed = 57 times