Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere (Studi Kasus Indomart RS Ciawi Bogor)

Authors

  • Rahma Siti Salbiah Universitas Djuanda
  • Ismi Rahmatunnisa Universitas Djuanda
  • Mariam Mahmudah Universitas Djuanda
  • Muhammad Rizki Rangkuti Universitas Djuanda
  • Gilang Aditya Ramadhan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14128

Keywords:

Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Store Atmosphere, Indomart RS Ciawi Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suasana toko terhadap kepuasan pelanggan di Indomart RS Ciawi Bogor. Store atmosphere melibatkan berbagai elemen seperti eksterior toko,interior umum,tata letak toko,dan tampilan interior yang keseluruhannya berperan penting dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa elemen-elemen seperti papan nama, pencahayaan, aroma, dan desain toko memiliki dampak signifikan pada kepuasan pelanggan. Saran yang diberikan mencakup perbaikan pada elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa suasana toko yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan kepuasan, yang pada akhirnya berdampak positif pada pertumbuhan penjualan dan operasional sehari-hari.

References

AgustiniTanjung., S. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JURNAL MANAJEMEN PELITA BANGSA .

Hariastuti, R. K. (2018). ANALISA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 06.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 01.

Purnama, Y. d. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 02.

Saepul Ilham, E. S. (2024). PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI STRATEGI STORE ATMOSPHERE. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu).

Santoso2), B. R. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE SERVICE PERFORMANCE, LEAN SERVICE, DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 02.

Saodin. (September, 2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE. Jurnal Ilmu Komunikasi, 02.

sasongko, S. r. (2021). Faktor - Faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelangan (LIterature Riview manajemen pemasaran ). jurnal ilmu manajemen terapan .

Sutomo, S. M. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, 01.

Wijaya, S. (2017). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP .

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Salbiah, R. S. ., Rahmatunnisa, I., Mahmudah, M. ., Rangkuti, M. R., & Ramadhan, G. A. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere (Studi Kasus Indomart RS Ciawi Bogor). Karimah Tauhid, 3(7), 7578–7593. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14128
Abstract viewed = 3 times

Most read articles by the same author(s)