Peran Penting Guru Memahami model Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Nafisah Putri Imawan

Abstract

Perencanaan pembelajaran memiliki peran yang amat penting untuk kelangsungan kegiatan pembelajaran, dengan adanya perencanaan pembelajaran kegiatan belajar mengajar akan menjadi jelas dan tertarah, pengajar pun dapat menilai kegiatan pembelajaran dengan baik dan tertara. Tapi sayangnya masih saja ada guru yang mengabaikan tentang perencanaan pembelajaran ini, beberapa guru hanya membawakan materi yang ada tanpa mementingkan kepahaman siswa tentang materi yang dibawakan, alhasil banyak siswa yang tidak mencapai terget pembelajaran mereka, mereka sering dianggap tidak cukup pintar dalam belajar. Padahal hal ini tentu bukan sepenuhnya salah siswa, guru adalah faktor penting yang menyebabkan kegagalan dalam penyampaian siswa, guru adalah faktor utama yang dapat membangun ataupun menjatuhkan siswa. Karna itu, agar kejadian seperti ini tidak terjadi sudah menjadi kewajiban bagi guru untuk memahami dan menyusun dengan baik prihal perancanaan pembelajaran, karena perencanaan pembelajaran ini dapat menentukan keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Article Details

How to Cite
Imawan, N. P. (2024). Peran Penting Guru Memahami model Perencanaan Pembelajaran . Karimah Tauhid, 3(5), 5712–5720. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13202
Section
Articles

References

Arif, A., & Sasmita. (2021). Implementasi Hannafin & Peck Model Pada Animasi Pembelajaran Teori Graph Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 13(1), 24–33.

Asmawati, A., & Dalming, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Flash Asam Basa dengan Metode Hannafin dan Peck. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 104–112.

Ekayani, L. N. P. (n.d.). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha.

Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 14(1), 152–173.

Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2151

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mawardi. (2018a). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40.

Mawardi. (2018b). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40.

Octaviana, D. R., Sutomo, M., & Mashudi. (2022). Model Pembelajaran Dick and Carey Serta Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Tawadhu, 6(2), 114–126.

Saputra, N., & Purwanti, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin And Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar I Ketut Pudjawan. Journal of Education Technology, 4(1), 67–72.

Yustitia, V. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran SD. Scholaria, 83(93), 83–93.