Implementasi dan Peran Teori Stewardship pada Konteks Penelitian Akuntansi : Studi Literatur

Main Article Content

Herni Syahara
Tri Joko Ari Wibowo
Siti Sarah Fauziah
Saeful Anwar

Abstract

Teori Stewardship dilandasi oleh tiga asumsi utama yaitu keterbatasan rasionalitas, kepentingan bersama, dan pengawasan. Asumsi-asumsi ini menjadi dasar teori stewardship dalam penelitian akuntansi dan tata kelola perusahaan dengan menekankan pentingnya hubungan agensi antara manajer dan pemilik serta bagaimana mekanisme pemantauan dapat memengaruhi perilaku manajerial. Akuntabilitas merupakan isu penting dalam penelitian ilmu akuntansi. Akuntabilitas dibidang akuntansi mengacu pada kewajiban dan tanggung jawab para profesional akuntansi untuk menjalankan tugas nya secara jujur, integritas, dan transparansi, serta memastikan bahwa informasi keuangan yang dihasilkan adalah akurat, relevan, dan dapat dipercaya. Membentuk sikap yang mengarah pada teori stewardship dalam akuntabilitas memerlukan perubahan mendasar dalam penerapan tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang baik. Berdasarkan hal tersebut, tujuan ini menggaris bawahi pentingnya memastikan bahwa organisasi baik itu di sektor publik maupun swasta, dijalankan dengan secara bertanggung jawab, adil, dan efisien, serta diharapkan mampu mengatasi permasalahan terkait tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang baik. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah studi literatur akademis dibidang akuntansi terkait akuntabilitas dalam teori stewardship. Selain itu, penelusuran dilakukan dari berbagai sumber, baik dokumen resmi otoritas dan berbagai saluran media, serta laporan cetak dan elektronik, untuk menggambarkan praktik akuntabilitas organisasi dalam konteks penelitian akuntansi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dan peran teori stewardship dalam konteks penelitian akuntansi telah terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan seluruh pemangku kepentingan turut serta menjalankan peran teori stewardship dalam akuntabilitas good corporate governance baik di sektor publik maupun swasta.

Article Details

How to Cite
Syahara, H., Wibowo, T. J. A., Fauziah, S. S., & Anwar, S. (2024). Implementasi dan Peran Teori Stewardship pada Konteks Penelitian Akuntansi : Studi Literatur. Karimah Tauhid, 3(4), 4716–4734. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/12933
Section
Articles

References

Anggita Dwinda. (2023). 5 Prinsip Good Corporate Governance (GCG). Diakses pada 10 Februari 2024. 5 Prinsip Good Corporate Governance (GCG) | Glints for Employers

Anton Fx. (2010). Menuju Teori Sterwardship Manajemen. Universitas AKI Semarang.

Aprilia AW, Febriany R, Hartono L & Marsetio NC. (2020). Pengaruh Karakteristik Direksi Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Prasetiya Mulya.

Arifin, Z., & Faisal, A. (2016). Penerapan Good Corporate Governance dan Kualitas Laporan

Keuangan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(1), 79-90.

James H. Davis, F. David Scoorman dan Lex Donalson. (1997). Toward a Stewardship Theory of Management, Academy of Management Review Vol. 22, No. 1, page 22-47

Kaihatu, Thomas.S. (2015). Good Corporate Governance Dan Penerapannya di Indonesia. Universitas Kristen Petra Surabaya : Surabaya.

Kumala, Muniroh & Widodo. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Pendidikan Dan System Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Kantor Desa Se-Kecamatan Kaliori Kabupaten Pemalang). Universitas YPPI Rembang.

Kusuma RH & Cahyawati NE. (2023). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sitem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Realisasi Anggaran. Universitas islam Indonesia.

Mahardika, I. K. A. P., & Supriasa, I. D. N. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance

terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 1-14.

Mardiyati, U., & Pratama, F. A. (2018). Analisis Teori Stewardship pada Implementasi Good

Corporate Governance, Kinerja Keuangan, dan Kinerja Lingkungan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 7(4), 1-20.

Mulyadi, A. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal

Manajemen dan Bisnis, 11(1), 45-57..

Mursyidi. (2013). Akuntabilitas Pemerintahan di Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Pasoloran, Oktavianus. Firdaus, A, Rahman. (2001). Teori Stewardship : Tinjauan Konsep dan Implikasinya Pada Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi : Universitas Islam Riau.

Putranto, Panji. (2023). Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik Puskesmas.Universitas Mercu Buana.

Raharjo E. (2007). Teori Agensi Dan Teori Stewardship Dalam Perspektif Akuntansi. Universitas STIE Pelita Nusantara Semarang.

Randa & E. Daromes. (2014). Transformasi Nilai Budaya Lokal Dalam Membangun Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Universitas Atma Jaya Makassar.

Ryan Hegar. (2023). Prinsip-prinsip Utama Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Diakses pada 10 Februari 2024. https://www.ppak.co.id/artikel/prinsip-prinsip-utama-tata-

Sugiarto, Y., & Sutrisno, T. (2015). Teori Stewardship dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Ilmu

& Riset Akuntansi, 4(10), 1-21.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta : Bandung.

Suryanawa IK & Vallentino PWA. (2023). Pengaruh Koneksi Politik dan Penghindaran Pajak Pada Nilai Perusahaan. Universitas Udayana Indonesia.

Sutopo, B. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 8(1), 25-35.

Trihamas Finance. (2017). Tata Kelola Perusahaan. Diakses pada 10 Februari 2024. Melalui laman https://trihamas.co.id/profile-perusahaan/tata-kelola-perusahaan/

Wicaksono. 2015. Akuntabilitas organisasi sektor public. Universitas Katolik Parahyangan.

Yuda, R.Habi. (2023). Pengaruh Kompetensi, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian

Internal Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Desa. Universitas Jambi.

Zed, Mestika. 2018. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indones