Konsep dan Implementasi Teori Asimetri pada Konteks Penelitian Bidang Akuntansi

Main Article Content

Saeful Anwar
Imelda Resdiana
Siska Wahyuningsih

Abstract

Salah satu grand theory dalam teori akuntansi yang sering diterapkan dalam studi dengan fokus tema akuntansi adalah teori asimetri informasi. Dalam penerapanya juga tidak sedikit yang gagal memaknai konsep teoritis ini, sehingga melalui kajian dan pembahasan pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan secara komprehensif dan deskriptif berkaitan dengan topik teori asimetri tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang gagasan simetri informasi dan bagaimana penggunaannya dalam penelitian akuntansi. Metodologi penelitian artikel ini merupakan media online yang mengeksplorasi gagasan teori asimetri studi akuntansi. Studi literatur dalam penelitian ini adalah dengan mengkaji secara artikel-artikel yang telah dikumpulkan dan dipilah-pilih sesuai dengan tema yang ingin dianalisis dan dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teori asimetri ini digunakan untuk melihat suatu kondisi dimana salah satu pihak mempunyai informasi lebih banyak dibandingkan pihak lainnya sehingga terjadi ketidakseimbangan informasi. Teori asimetri informasi tidak cocok untuk penelitian akuntansi yang berfokus pada situasi dimana semua pihak yang terlibat memeliki akses yang sama terhadap informasi.

Article Details

How to Cite
Anwar, S. ., Resdiana, I., & Wahyuningsih, S. . (2024). Konsep dan Implementasi Teori Asimetri pada Konteks Penelitian Bidang Akuntansi. Karimah Tauhid, 3(3), 3606–3620. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12581
Section
Articles

References

Ali, I. (2002). Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi dalam Hubungan Agensi. Lintasan Ekonomi.

Amanda, C. (2022). Asymmetric Information. Binus University.

Anwar, S., Amalia, H. Z., & Melani, F. (2023). Analisis Perlakuan Akuntansi atas Pendapatan dan Beban pada Perusahaan E-commerce. Karimah Tauhid.

Fahdiansyah. (2018). Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Varian STMIK Bumigora.

Feronika, D. A., Merawati, L. K., & Yuliastuti, I. A. (2021). Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance, Net Profit Margin(Npm), Dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Kharisma.

Komala, R., & Piturungsih, E. (2019). Pengaruh Asimetri Informasi, Moralitas Individu Dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi.

Kotim, Wahidahwati, & Fadjrih, N. (2023). Pengaruh Asimetri Informasi,Leverage, Dan Kompensasi Bonus Terhadap Earning Managementpada Perusahaan Go Public. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan.

Machdar, N. M. (2015). Pengaruh Kualitas Laba, Konservatisme, dan Manajemen Laba Riil terhadao Kinerja Perusahaan dengan Asimetri Informasi sebagai Pemoderasi. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra.

Mahawyahrti, P. T., & Budiasih, I. A. (2016). Asimetri Informasi, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Pada Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Oyong, L. (2012). Asimetri Informasi dan Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Prasetyo, A. A. (2022). Meminimalisir Asimetri Informasimelalui Pelaporan (Disclosure) Laporan Keuangan. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan.

Ridwan, M. R., & Suryani, E. (2021). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kompensasi Eksekutif Dan Asimetri Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi).

Safitri. (2012). Asimetri Informasi dan Underpricing Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia. Universitas Gadjah Mada.

Scott, & William. (2012). Financial Accounting Theory Sixth . Toronto: Edition Pearson Canada.

Sembiring, Selvi, & Trisnawati, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1), 173-84.

Setiany, E., & Wulandari, A. (2015). Kualitas Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi di Industri Manufaktur Indonesia. EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Setiawan, A. B., Anwar, S., Zamaludin, A., & Annurul, D. S. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Value For Money Pada Satuan Kerja Balai Penelitian Tanaman Hias Kabupaten Cianjur. AKUNIDA.

Sirat, A. F. (2019). Kajian Asimetri Informasi Dalam Penentuan Alokasi . Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Tarigan. (2011). Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance, dan Ukuran Perusahaan terhadap Praktek Manajemen Laba.

Thifanny, T. A., Kusuma, I. C., & Marsudi, J. (2023). Pengaruh Fraud Diamond dalam Mendeteksi Potensi Kecurangan Laporan Keuangan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Veno, A. S. (2016). Pengaruh Asimetri terhadap Manajemen Laba dengan Good Corporate Govermance sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya.

Warizal , Sopianti, S., Setiawan, A. B., & Aziz, A. J. (2023). Determinan Teknologi Informasi, Sosialisasi, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Penyajian Laporan Keuangan Umkm. AKUNIDA.

Widiasih, R. R. (2020). Menyusun Protokol Penelitian dengan Pendekatan SETPRO: Scoping Review. Journal of Nursing Care.

Yasmin, M., & Marinda, N. (2024). Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Asimetri Informasi, Dan Perilaku Oportunistik Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA).

Yuono, C. W. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. STIESIA.