Analisis Komunikasi Kelompok dalam Komunitas Virtual Vtuber Moona Hoshinova di Sosial Media Discord

Main Article Content

Muhamad Chikal Fajar

Abstract

Sebuah komunitas besar tentu akan mengalami interaksi sosial, namun belum terungkap secara detail bagaimana proses interaksi sosial tersebut terjadi dalam layar smartphone atau monitor komputer. Discord, sebagai media sosial, memberikan ruang bagi grup komunitas virtual untuk berinteraksi secara online, seperti yang terjadi pada penggemar vtuber Moona Hoshinova yang membentuk komunitas virtual di platform sosial media Discord. Dengan keberadaan komunitas virtual ini, penggemar vtuber Moona Hoshinova dapat dengan mudah berkumpul dan berinteraksi satu sama lain melalui layar smartphone atau monitor komputer. Discord menyediakan fitur saluran teks untuk komunikasi tertulis dan saluran suara untuk komunikasi lisan, memudahkan anggota untuk berinteraksi. Meskipun terdapat interaksi sosial di dalam komunitas virtual, penelitian ini mengungkap banyak kejadian menarik dalam interaksi sosial dan komunikasi kelompok antar anggota, menunjukkan adanya aktivitas sosial yang mirip dengan komunitas di luar dunia sosial media. Hasil penelitian pada komunitas virtual Moona Hoshinova menunjukkan adanya interaksi sosial, seperti berbagi informasi, berbagi hobi, serta saling membantu memecahkan masalah, mengindikasikan terjadinya komunikasi kelompok dalam komunitas tersebut.

Article Details

How to Cite
Fajar, M. C. . (2024). Analisis Komunikasi Kelompok dalam Komunitas Virtual Vtuber Moona Hoshinova di Sosial Media Discord. Karimah Tauhid, 3(3), 3338–3345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12451
Section
Articles

References

Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Liudmila, B. (2020). Designing identity in VTuber era. Proceedings of Laval Virtual VRIC ConVRgence, 182–184.

Wenger, Etienne et al. (2002). Cultivating Communities of Practice. Harvard Business School Press.

Shaw, M.E. (1976) Group Dynamic. The Psychology Of Small Group Behavior. 2nd edition. NY, McGraw Hill.

Bungin, Burhan (2008). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada.

Baym, N. K. (2015). Social Media and the Struggle for Society. Social Media and Society, April-July, 1–2.

Hunsinger, Senft (2013). The Social Media Handbook. NY: Routledge.

Fuchs, Christian. (2014). Social Media: a Critical Introduction. London: Sage.

Shirky. (2008). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. In Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Li, H. (2014). Virtual Community Studies: A Literature Review, Synthesis and Research Agenda. Proceedings of the Americas Conference on Information Systems, New York, (January 2004).

Mulyana. (2002). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Harold D. Laswell Dan Onong Uchjana Effendi. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Sunarto. (2006). Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Erlangga.

Tubbs, Moss. (2005). Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi, Editor Deddy Mulyana. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Rheingold, Howard. (1993). The Virtual Community: Finding Connection in a Computerized World. Boston, United States: Wesley Longman Publishing Co.

Most read articles by the same author(s)