Implementasi Qardh dan Qardhul Hasan dalam Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus BMT Kabandungan)

Main Article Content

Siti Nazwa Hamidah
Nur Afni Novia Mulya
Sofia Lutfiyati
Widya Selvi Kusuma Ningrum

Abstract

Karena Islam adalah agama syumul, agama ini juga memperhatikan masalah ekonomi umat manusia, terutama kemiskinan dan kekurangan sumber pendapatan.. Permasalahan ini dapat diselesikan melalui berbagai mekanisme seperti zakat, sedekah, wakaf dan kaidah bantuan pinjaman. Dalam melakukan bisnisnya, BMT tidak hanya mengejar keuntungan finansial, tetapi juga melakukan tugas sosial untuk masyarakat. Ini dilakukan melalui akad qardh, qardhul hasan, atau pinjaman kebaikan, yang replacenya berasal dari zakat, infaq, sedekah, hibah, dan replace tambahan untuk kepentingan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi qardh dan qardhul hasan pada lembaga keuangan syariah. Studi kasus qardh dan qardhul hasan ini  berlangsung di BMT Kabandungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka dan observasi, penelitian ini menggunakan teknik analisis menggunakan informasi dari berbagai sumber. Dapat diketahui bahwa implementasi akad Qardh yang berada di BMT kabandungan bisa di alokasikan untuk apa saja sedangkan untuk qardhul hasan difokuskan untuk peminjaman dibidang kesehatan dan pendidikan.

Article Details

How to Cite
Hamidah, S. N. ., Mulya, N. A. N. ., Lutfiyati, S. ., & Ningrum, W. S. K. . (2024). Implementasi Qardh dan Qardhul Hasan dalam Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus BMT Kabandungan). Karimah Tauhid, 3(3), 3306–3318. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12336
Section
Articles

References

Aini, N., Muchtarom, M. Z., & Sifa, M. A. (2020). IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN AL-QARDH WAL IJARAH (Studi Kasus di BMT Nurul Ummah). Jurnal Qawanin,Vol4(1), 71-96.

Falikhatun, Iswati, S., & Saleh, M. (2015). IMPLEMENTATION OF QARDH ON ISLAMIC BANKING INDONESIA BASED ON ISLAMIC ECONOMICS THEORY. CBAM : Conference in Bussines, 268-273.

Man, N. B., Wahab, N. A., Hamid, N. B., & Ahad, N. I. (2016). Qardh Al - Hasan ; Isu dan Amalannya di Malaysia.

Muneer, F., & Khan, F. (2019). QARDH AL-HASSAN AS A TOOL FOR POVERTY ALLEVITATION : A CASE STUDY OF THE FAEL KHAIR WAQF PROGRAM IN BANGLADESH . Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, Vol5(4), 830-848.

Nissa, S. (2016). PERANAN QARDHUL HASAN TERHADAP PENINGKATAN USAHA MIKRO. Skripsi UIN Alauddin Makassar.

Permatasari, R. A. (2017). Ketentuan Dan Syarat Akad Qardh Pada Perbankan Syariah Lembaga Keuangan Syariah . Skripsi IAIn Metro.

Purwadi, M. i. (2016). Qardh al-hasan dalam Perbankan Syariah : Konsep Dasar dan Implementasi Berdasarkan Prinsip Manfaat bagi Pemberdayaan Masyarakat . UNISIA, Vol.33(74), 144-153.

Ramdhani, R. (2019). Strategi Penanggulangan Risiko Pembiayaan Qardhul Hasan Pda BMT Al Munawwar . Skripsi .

Roby, D. I., & Mujibno. (2021). Skema Penerapan Qardh Hasan di LKMS Alpend Barokah Mandiri Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Equilibrium : Jurnal Ilmu Manajemen Equilibrium : Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1(2), 39-44.

Rukiah. (2019). Implementasi Sifat Ta’awun Dalam Lembaga Keuangan Syariah Melalui Akad Al-Qardh. Jurnal Kajian Keislaman Vol6(1), 88-103.

Sari, S. P. (2014). PENGARUH PEMBIAYAAN QARDHUL HASANTERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MUSTAHIKZAKAT(STUDI KASUS DOMPET PEDULI UMATDAARUT TAUHIID CABANG BOGOR. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 4(1), 57-93.

Velayati, N. (2021). MPLEMENTASI PEMBIAYAAN AL-QARDHPADA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal QIEMA ( Qomaruddin Islamic Economy Magazine ) Vol.7(2), 179-197.

Wiranto, B. S. (den 28 Desember 2020). Qardh Al-Hasan . Hämtat från ALAMI: https://alamisharia.co.id/