Pengaruh Lingkunagan Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Universitas Djuanda
Main Article Content
Abstract
Cara konsumsi masyarakat pada saat ini memiliki perubahan jika di bandingkan dengan zaman dulu dan memberikan dampak bagi masyarakat di berbagai aktivitas. Konsumsi yaitu suatu kegiatan yang memanfaatkan atau mengahabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara bertahap atau langsung. Saat ini lingkungan menjadi salah satu faktor pendorong terbentuknya suatu perilaku konsumtif. Hal ini di dukung oleh gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan dan daya beli yang berlebihan pada sebagian besar mahasiswa,Hal ini tentunya bertentangan dengan prinsip ekonomi islam yiatu kesederhanaan dan tidak berlebihan.
Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi dampak lingkungan sosial pada perilaku konsumsi mahasiswa prodi perbankan syari’ah universitas djuanda.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif yang secara acak diadopsi dari 30 siswa di anggaran 2022.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Subagio, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan,Vol.3,No.3,November 2019.
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Kanserina,D.”Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undhiksa”.Vol.5,No.3,2015.
Nugraha,J.P,”Teori Perilaku Konsumen”.(Pekalongan:PT.Nasya Expanding Management),2021.
Hartiyani,S.”Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Program Studi Pendididkan Ekonomi UNS”.Vol.3,No.2,2017.
Oftia,I.”Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Jambi”.(S1 Thesis),Universitas Jambi.