PEMBELAJARAN READING DAN LISTENING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 5 SDN LAWANGGINTUNG 2

Main Article Content

Rani Laelasari
Fauziatul Hamamy

Abstract

Sebagian besar orang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris khusus nya pada reading dan listening. Cara dari pemerintah untuk meingkatkan keterampilan siswa berbicara bahasa Inggris berarti mempelajari bahasa Inggris lebih awal yaitu sekolah dasar sebagai muatan lokal sesuai dengan kurikulum sekolah tahun 1994. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar (2) mengetahui kesulitan pembelajaran pada reading dan listening Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.di laksanakan pada bulan mei dan juni tahun 2023 dengan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di peroleh pembelajaran bahasa Inggris di SDN Lawanggintung 2 sebagai pembelajaran tambahan walau sebagai pembelajaran tambahan bahasa Inggris sangat di pentingkan dengan di berikannya jam rutin. kesulitan pembelajaran bahasa Inggris pada reading dan listening di pengaruhi oleh beberapa aspek dari diri sendiri ataupun dari luar seperti tidak ada motivasi tidak bisa membaca lafal dengan tepat, lingkungan yang jarang peminat bahasa Inggris, tidak fokus saat belajar, sulit memahami materi, menganggap bahasa Inggris sulit, kurang mengenal kosa kata.Sekolah dasar harus lebih meningkatan fasilitas dalam pembelajaran bahasa agar murid bisa lebih semangat dalam mempelajarinya.

Article Details

How to Cite
Laelasari, R., & Hamamy, F. . (2023). PEMBELAJARAN READING DAN LISTENING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 5 SDN LAWANGGINTUNG 2. Karimah Tauhid, 2(5), 1967–1975. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10295
Section
Articles

References

Akmalia, Nur Wilda, Nurul Muttaqien, and Nur Latifah. 2022. “Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Negeri Pondok Bahar 6 Kota Tangerang.” 6: 13636–44.

Putri, Danis Anindita, sya mega febriani. 2022. “KEMAMPUAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR 1 Danis Anindita Putri,.” 1: 357–64.

Ryan, Cooper, and Tauer. 2013. “済無No Title No Title No Title.” Paper Knowledge .

Toward a Media History of Documents I(1): 12–26.

Sondakh, Delfina Christie, and Mega Febriani Sya. 2022. “KESULITAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR Delfina Christie Sondakh, Mega Febriani Sya.” 1: 9–10.

Akmalia, Nur Wilda, Nurul Muttaqien, and Nur Latifah. 2022. “Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Negeri Pondok Bahar 6 Kota Tangerang.” 6: 13636–44.

Dalilah, Wafa Khilda. 2019. “Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah

Dasar.” 1: 474–80.

Dewi Kurniawati. 2015. “Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran.” PBI IAIN Raden Intan 8(1): 22.

Dewi, Radix Prima, and Siti Nur Hidayah. 2019. “Metode Study Kasus.” Skripsi: 19.

Febriani Regina. 2022. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris.” 1: 461–67.

Friska Dwi Yusantika, Imam Suyitno, Furaidah. 2017. “Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar: Masalah Dan Solusinya.” Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 6: 684–92.

Kelas, Siswa, and V D I Sdn. 2022. “UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SKRIPSI.”

Listia, Rina. 2018. “Kendala Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar.” National Seminar

Proceeding (060): 468–75.

Lulu, Nuna mustika &. 2018. “Pendampingan Penguatan Literasi Bahasa Inggris Melalui "

Multiple Stories - Reading.” Energies 6(1): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reu ma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/ r

ti. 2018. “Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Unsika 6(1): 23–28. Moleong, Lexy J. 2010. “Meode Penelitian Kualitatif.” Landasan Teori 53(9): 280.

Mustolehudin. 2011. “Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Surah Al ‘Alaq Ayat 1 - 5.” Jurnal “Analisa” XVIII(01): 145–54.

Penelitian, Jurnal et al. 2022. “T s a q o f a h Evaluasi Tingkat Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Di Sdn Karang Tengah 7.” Juli 2(4): 423 –32. https://ejournal.yasin- alsys.org/index.php/tsaqofah.

Prasrihamni, Mega, Zulela, and Edwita. 2022. “Jurnal Cakrawala Pendas.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(1): 128–34.

Ramdiah, Siti, and Rabiatul Adawiyah. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering(Rqa) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kemampuan Akademik Rendah.” Simbiosa 7(1): 1.

Riyati, Riyati et al. 2016. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP N 1 SAWAHAN MADIUN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010-2011 SKRIPSI Oleh : ITA WIDYAWATI FAKULTAS

Tarigan, H., & Ginting, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(2), 58-67.

Tukiran. (2000). Sensus Penduduk Di Indonesia. Populasi: Jurnal Kependudukan Dan Kebijakan, 11(1), 17-34. Doi:Https://Doi.Org/10.22146/Jp.12328

Wulandari, I. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan Komunikasi Interpersonal Petugas Pendaftaran Di Rs Khusus Bedah Hasta Husada. Health Care Media, 6(11), 51- 57.

Most read articles by the same author(s)