PERANAN DESAIN KOMUNIKASI DAN VISUAL MEDIA PROMOSI UNTUK INDUSTRI HOTEL DI HOTEL ROYAL SAFARI GARDEN

Authors

  • Hilmy Aliy Andra Putra Universitas Djuanda
  • Ari Permana Agung Universitas Djuanda
  • Setyono Universitas Djuanda
  • La ode Amril Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10024

Keywords:

Media Promosi efektif, marketing communication, Desain Grafis

Abstract

Sebagai sebuah resort yang memiliki berbagai jenis produk, desain grafis dan video kreatif sangat membantu media promosi yang menjadi garda terdepan yang sangat membantu untuk meningkatkan revenue dan kemudahan audience menerima sebuah informasi . Saat ini, Hotel Royal Safari Garden masih menggunakan metode promosi yang masih kurang efektif, seperti hanya membuat banner spanduk di jalanan saja dan menjadikan sales sebagai media utama untuk meningkatkan revenue hotel. Metode offline ini menimbulkan beberapa kendala dan tantangan, seperti sempitnya market yang di dapat karna hanya menggunakan jalur offline yang hanya terlihat oleh daerah sekitar Hotel. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya traffic yang masuk dan pendapatan hotel yang menurun. Maka dari itu departemen marcomm hadir dan berfokus kepada branding Perusahaan dan juga membantu media promosi untuk meningkatkan revenue yang masuk secara efektif, Marcomm bergerak di jalur online yang lebih berfokus pada social media seperti yang ada pada zaman sekarang ini. Tidak hanya membantu promosi hotel namun juga membantu menjawab pertanyaan para audience terhadap hotel royal safari garden, dimana yang terjadi di dalam sebuah social media akan lebih mudah seperti halnya dalam media berkomunikasi antara audience dan hotel juga memiliki market yang tidak terbatas. Fungsi Desain grafis yaitu Sebagai penyampai pesan lewat visual agar lebih mudah dibaca, Memberikan Informasi Penting yang Meningkatkan ketertarikan audience membaca pesan Melalui informasi yang di olah menjadi sebuah karya  seni desain seperti flyer, maka tamu akan lebih menarik dan akan membaca lebih menyenangkan yang di dalamnya terdapat elemen visual menarik.

References

Arthur, Rene. (2009). Desain Grafis: dari mata turun ke hati. Bandung: Penerbit Kelir.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6490033/flyer-adalah-fungsi-kelebihan-dan-cara-membuatnya.

Design, J. (2017). Ini Dia! Perbedaan Brosur, Leaflet, Flyer, Dan Poster. Dipetik Oktober 11, 2017, dari Jempol Design: https://jempoldesign.wordpress.com /2017/10/11/ketahui-perbedaan-brosur-leaflet-flyer-dan-poster/

https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop.

https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Illustrator.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

Putra , H. A. A. ., Ari Permana Agung, Setyono, & La ode Amril. (2023). PERANAN DESAIN KOMUNIKASI DAN VISUAL MEDIA PROMOSI UNTUK INDUSTRI HOTEL DI HOTEL ROYAL SAFARI GARDEN. Karimah Tauhid, 2(5), 1383–1390. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10024