Konsep Jaringan Data Center untuk Pengelolaan Arsip RRP dan Bahan Ajar

Main Article Content

Risdianto Irawan
Aldino Ogi
Muhammad Encep
Setyono

Abstract

Pengelolaan arsip dan berbagai data menjadi salah satu keharusan dalam melakukan administrasi pada suatu instansi SMK Amaliah 1 Ciawi. Namun, pengelolaan arsip di sebagian besar instansi masih menggunakan cara yang tradisional yang tidak efektif seperti membutuhkannya ruang penyimpanan dan akses yang berbelit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam pengelolaan arsip agar lebih efektif. Penelitian merancang konsep jaringan data center untuk pengelolaan arsip. Penelitian ini akan merancang dan membangun perihal jaringan, penggunaan komputer server dan keamanan data. Jaringan akan ditentukan dalam pembagian IP serta pemilihan sistem operasi yang digunakan sebagai akses dalam transfer file dan kemanan data. Metodologi studi kasus digunakan untuk mempelajari kebutuhan dalam perancangan dan manfaat untuk instansi SMK Amaliah 1 Ciawi. Rancangan konsep ini membangun jaringan data center dengan memanfaatkan virtual machine sebagai computer server dan administrasi jaringan melalui router mikrotik. Untuk keamanan diadminstrasikan dalam komputer server dan router mikrotik .Hasil penelitian menunjukkan efisiensi administratif yang ditingkatkan melalui konsep jaringan data center ini, terutama untuk pengelolaan dan berbagi data.

Article Details

How to Cite
Irawan , R. ., Aldino Ogi, Muhammad Encep, & Setyono. (2023). Konsep Jaringan Data Center untuk Pengelolaan Arsip RRP dan Bahan Ajar. Karimah Tauhid, 2(4), 1229–1237. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.10021
Section
Articles

References

Alfarizi, M. S., & Encep, M. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KUALITAS PENDIDIKAN. Karimah Tauhid, 47.

Riasetiawan, M. (2016). Pusat Data untuk Pemerintahan. Yogyakarta: Departemen

Ilmu Komputer dan Elektronika, F MIPA UGM.

Islah, K. (2018). Peluang dan tantangan pemanfaatan teknologi big data untuk

mengintegrasikan pelayanan publik pemerintah. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 5(2), 130-138.

Yugopuspito, P., Murwantara, I. M., & Panduwinata, F. (2018). Teknologi Virtual

pada Infrastruktur Komputasi Awan Privat dengan MiniPC berbasis

OpenSource untuk Pembelajaran. Konferensi Nasional Sistem Informasi

(KNSI) 2018.

Fadhilah, R. R. (2007). Definisi Sistem Operasi.

Supriyadi, A., & Gartina, D. (2007). Memilih Topologi Jaringan Dan

Hardware Dalam Desain Sebuah Jaringan Komputer. Informatika

Pertanian, 16(2), 1037-1053. Salmiyah, H. (2008). NET dan SUBNET

dalam RUANG TOPOLOGI (Doctoral dissertation, University of

Muhammadiyah Malang

Most read articles by the same author(s)