Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter memiliki peran yang penting dalam penanaman akhlak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi karakter religius dalam pembelajaran PAI di SDN Cengkareng Timur 18 Pagi. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pembelajaran PAI guru berperan sebagai role model bagi siswa dalam memahami dan mempraktekkan nilai-nilai religius dalam keseharian. Strategi penerapan karakter religius dilakukan pula melalui program pembiasaan rutin yakni tadarus Al-Quran, kajian keagamaan di hari jumat, BTQ, 5S, rutin membaca asmaul husna, guna membentuk perilaku siswa yang berkarakter religius. Adapun hambatan yang timbul yakni rendahnya sinergi antara guru dan orang tua mengenai optimalisasi pendidikan karakter religius, serta kendala sarana dan prasarana. Keberhasilan penanaman karakter religius melalui strategi yang diterapkan oleh SDN Cengkareng Timur 18 Pagi perlu didukung baik oleh seluruh warga sekolah maupun wali murid dan sarana yang memadai agar tercapai keberhasilan dalam penanaman karakter religius dalam diri siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

References
Anggraeni, D., Barokah, R. R., & Sukawati, S. (2018). Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Terhadap Sikap Religius Mahasiswa Ikip Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6).
Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, K., & Ulfah, S. (2021). Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1).
Aziz, H. (2016). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Furkan, N. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SMA Negeri 1 Dompu dan SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu. Universitas Negeri Yogyakarta.
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Islamic Religion Education Implementation In Forming Student Religious Characters. Jurnal Pedagogik, 6(1).
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1).
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010, (2010).
Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Eduscience, 4(2).
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo,
N., & Nugroho, I. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan,
Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2).
Supriyadi, E. (2010). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Seminar Nasional 2010 “Character Building for Vocational Education.”
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference on Innovation and Application of Science and Technology.
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1).
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.