Pendampingan Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar Keluarga Nelayan Kecamatan Koto Tangah Kota Padang pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Firdaus
Murhenna Uzra
Ermi Husni

Abstract

Masa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mendorong Sekolah Dasar di Koto Tangah melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan aplikasi digital  sebagai sarana untuk kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pendampingan belajar daring siswa Sekolah Dasar keluarga nelayan di Koto Tangah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpul data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menguraikan pendampingan belajar daring di masa pandemi covid-19 dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan perencanaan pada isi/materi menitikberatkan pada pokok esensial, perancangan konsolidasi pembelajaran menjadi bagian dari perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran    memanfaatkan zoom meeting, metode ceramah dan buku ajar sebagai sumber utama pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berdasar pada kurikulum darurat pandemi yang memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk tes dna non tes terjadwal yang ditentukan berdasarkan pertimbangan guru terhadap kompetensi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Firdaus, Uzra, M., & Husni, E. (2022). Pendampingan Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar Keluarga Nelayan Kecamatan Koto Tangah Kota Padang pada Masa Pandemi Covid-19. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 111–130. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6222
Section
Articles

References

Abdussalam, A., Salsabila, A., & Sonya, E. R. (2022). Pendampingan Belajar Daring Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Kebon Terong. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Afifah, A. N., & Kuntari, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1), 93–105.

Aprilia, S., Fitriani, W. A. C., Imron, F., Sari, Y. K., & Srianto, W. (2022). Pendampingan Belajar Anak Pada Saat Daring Selama Pandemi Covid-19. Proficio, 3(1), 47–57.

Arsy, G. R., Listyarini, A. D., & Nyumirah, S. (2021). Pendampingan Psikologis Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(2), 161. https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.762

Avalos, B. (2011). Teacher Professional Development In Teaching And Teacher Education Over Ten Years. Teaching and Teacher Education, 27(1), 10–20. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.007

Britiwi, L., & S, N. (2021). Hubungan Level Pendidikan Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring di Kenagarian Kambang Barat. 4(4), 312–318.

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130

Chairulhaq, I. A., Hendarti, A. M., Fendi, R. M., & Fitrianto, A. R. (2021). Pendampingan Belajar Daring Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 5(2), 63–74.

Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah, 55–63.

Francisko, E., Imran, & Wati, I. D. P. (2013). Perbedaan Metode Konvensional Dan Metode Bermain Terhadap Partisipasi Belajar Penjas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(11).

Ghassani, D., Kurniasih, & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3).

Ghozali, M. I. Al, & Sri Fatmawati. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2).

Hadiana, M. E., & Nur’alimah, E. O. (2021). Pengembangan Kurikulum Darurat Covid-19 (Model dan Media Pembelajaran Pada Masa

Pandemi Covid-19). Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).

Hapiz, A. (2020). Penggunaan Teknik Evaluasi Non Tes Pada Pembelajaran IPS Kelas VI Di SD Negeri 1 Pengkelak Mas. Khatulistiwa Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Istiara, F., Adijaya, N., & Helmanto, F. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Dengan Pendayagunaan Google Form. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 60–65. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.122

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2).

Kurnia, D. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.

https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.70

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 206–211.

Lisnawati, E., Niardiansyah, N., Yuliana, L., & Hasan, F. M. (2020). Pendampingan Belajar Dengan Pendekatan Lingkungan Bagi Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Bemas: Jurnal Bermasyarakat, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.37373/bemas.v1i1.42

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D., A., & Apsarini, S., F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIII SDN Sindangsari III. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.

Mardiati, M., Saputri, L., Afni, K., Hasanah, N., Sitepu, D. R., Wirevenska, I., & Putrayana, E. (2021). Pemberdayaan Ibu Dalam Pendampingan Belajar Daring Anak Dimasa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2231–2237.

Maulana, A. A., & Faristiana, A. R. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2(1), 45–55.

Mubarok, R. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021

Mutaqin, I., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Proses Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jasima: Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.30872/jasima.v2i1.25

Nirmala, P. O., Medida, V. A., & Widianti, V. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan. Seminar Nasional Pendidikan IPS, 1(1), 1–7.

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi orang tua dalam pendampingan belajar siswa selama masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1).

Pudin, Dewi, R., Nugraha, R. A., & Sunardi, S. (2021). Pendampingan Kepada Siswa untuk Meningkatkan Semangat Belajar di Masa

Pandemi Covid-19. Pucuk Rebung, 1(2), 121–129.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Restianingsih, A., Rofian, & Baedowi, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring Materi Perkalian Kelas II SDN Kramatsampang 01. Jurnal Sinektik, 4(1), 45–55.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2).

Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis Pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 SMKN 4

Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.344

Ristiyani, E. A., Nurpratiwiningsih, L., & Triputra, D. R. (2022). Kendala Wali Murid dalam Pendampingan Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 116–122.

Rohmah, F. N. (2017). Urgensi Evaluasi Untuk Pendidikan.

Safitri, L., & Ratna. (2021). Pendampingan Orangtua Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Taman Cendekia, 5(2), 6.

Salim, N. A. (2021). Penyuluhan Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.53620/pay.v1i2.42

Sanjaya, J. B., & Rastini. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat DI Masa Pandemi Covid-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal of Indonesian Law (JIL), 1(2).

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Satriani. (2016). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).

Siregar, A., & Naimi, N. (2020). The Pelatihan Media BIG MAZE Bagi Guru-Guru Aisyah Pendukung Selama Daring. Abdimas Universal, 2(2), 76–81. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v2i2.67

Sulistyaningrum, D., & Rosyid, R. A. H. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. Andasih: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–7.

Susanti, N. D. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Thoyyibah, L., Ratnawati, & Nurani, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Bagi Guru Bahasa Inggris Dalam Optimalisasi Platform Google Classroom Pada Proses Kegiatan Belajar Daring Berbicara Bahasa Inggris. Abdimas Galuh, 3(1), 163–172.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 215. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3711

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zaini, N., & Khori, N. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Peserta Didik SD/MI Di Desa Guci Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 14–27.