Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Firsta Bagus Sugiharto
Kardiana Metha Rozhana
Feronika Iten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 tugasku sehari-hari subtema 1 pembelajaran 1 dengan muatan materi Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Subjek penelitian ini yaitu seluruh anggota kelas 2 SDN Merjosari 4 Kota Malang yang berjumlah 28 siswa. Adapun media ajar yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran adalah dengan memanfaatkan media CD interaktif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kurt Lewin yang menerapkan empat tahapan tindakan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Pelaksanaan penelitian ini dinyatakan berhasil jika 85% siswa mendapatkan nilai rata-rata di atas ≥ 75. Hasil pelaksanaan penelitian ini ketuntasan belajar siswa mencapai: (1) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 86,70% siswa mendapatkan nilai ≥ 75, kemudian meningkat pada pelaksanaan tindakan siklus II yaitu 95,43% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan temuan penelitian tersebut menunjukkan bahwa CD interaktif mampu mendorong peningkatan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Sugiharto, F. B., Rozhana, K. M., & Iten, F. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.5628
Section
Articles

References

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.5-9

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Halimatusyadiah, H., Suryana, Y., & Ganda, N. (2020). CD Interaktif Berbasis Flash Sebagai Media Pembelajaran Kondisi Geografis Indonesia Kelas V. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Hatuti, E. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal PGSD, 12(1), 55–62.

Hayumuti, H., Susilo, H., & Manahal, S. (2016). Penggunaan Multimedia CD Interaktif Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SDN Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6591

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1).

Maulana, I. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Diklat Jaringan Dasar. Indonesian Journal of Computer Science, 6(1), 96–108. https://doi.org/10.33022/ijcs.v6i1.4

MZ, S., & Rahmawati, A. F. (2019). Peranan Guru Dalam Penggunaan Multimedia Interaktif Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.

Nugraha, E., & Rodiyana, R. (2020). Media Pembelajaran CD Interaktif Untuk Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Rahman, T. (2020). Pengembangan Model Kemampuan Membaca Bahasa Jawa Bebasan Melalui Pemanfaatan CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Di Kelas VII SMP YBB PGRI Kragilan. Pelita Calistung, 1(1).

Rahmawati, I. Y. (2016). CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Usia Dini Di Ponorogo. Jurnal Indria, 1(1). https://doi.org/10.24269/jin.v1i1.225

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Dan Desain Pembelajaran (6th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99

Suarjo, S. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir, Berpasangan, Berbagi Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 07 Kabawetan. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2).

Susanto, H. (2016). Modul Guru Pembelajar (Bakteriologi). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wibowo, E. J. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v2i1.584