Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 tugasku sehari-hari subtema 1 pembelajaran 1 dengan muatan materi Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP. Subjek penelitian ini yaitu seluruh anggota kelas 2 SDN Merjosari 4 Kota Malang yang berjumlah 28 siswa. Adapun media ajar yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran adalah dengan memanfaatkan media CD interaktif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kurt Lewin yang menerapkan empat tahapan tindakan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dinyatakan berhasil jika 85% siswa mendapatkan nilai rata-rata di atas ≥ 75. Hasil pelaksanaan penelitian ini ketuntasan belajar siswa mencapai: (1) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 86,70% siswa mendapatkan nilai ≥ 75, kemudian meningkat pada pelaksanaan tindakan siklus II yaitu 95,43% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan temuan penelitian tersebut menunjukkan bahwa CD interaktif mampu mendorong peningkatan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

References
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.5-9
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.
Halimatusyadiah, H., Suryana, Y., & Ganda, N. (2020). CD Interaktif Berbasis Flash Sebagai Media Pembelajaran Kondisi Geografis Indonesia Kelas V. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).
Hatuti, E. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal PGSD, 12(1), 55–62.
Hayumuti, H., Susilo, H., & Manahal, S. (2016). Penggunaan Multimedia CD Interaktif Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SDN Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6591
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1).
Maulana, I. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Diklat Jaringan Dasar. Indonesian Journal of Computer Science, 6(1), 96–108. https://doi.org/10.33022/ijcs.v6i1.4
MZ, S., & Rahmawati, A. F. (2019). Peranan Guru Dalam Penggunaan Multimedia Interaktif Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.
Nugraha, E., & Rodiyana, R. (2020). Media Pembelajaran CD Interaktif Untuk Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Rahman, T. (2020). Pengembangan Model Kemampuan Membaca Bahasa Jawa Bebasan Melalui Pemanfaatan CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Di Kelas VII SMP YBB PGRI Kragilan. Pelita Calistung, 1(1).
Rahmawati, I. Y. (2016). CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Usia Dini Di Ponorogo. Jurnal Indria, 1(1). https://doi.org/10.24269/jin.v1i1.225
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Dan Desain Pembelajaran (6th ed.). Kencana Prenada Media Group.
Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99
Suarjo, S. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir, Berpasangan, Berbagi Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 07 Kabawetan. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2).
Susanto, H. (2016). Modul Guru Pembelajar (Bakteriologi). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wibowo, E. J. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v2i1.584