Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Tri Syamsijulianto
Rahman Rahman
Mia Zultrianti Sari
Stelie D Ratumanan
Solehun Solehun

Abstract

Masyarakat Melayu perbatasan Entikong memiliki kearifan lokal yang kaya akan nilai dan tradisi. Namun sayangnya ragam nilai tersebut belum dikembangkan dalam penanaman pendidikan karakter di Sekolah Dasar yang kemudian melatari penelitian ini. Tujuan penelitian yakni untuk mengungkapkan urgensi pendidikan karakter yang berbasis pada nilai kearifan lokal masyarakat Melayu perbatasan Entikong pada siswa di Sekolah Dasar. Studi literatur digunakan sebagai metode penelitian yang mengkaji beragam literatur relevan dengan fokus dan tujuan penelitian. Teknik pengumpul data melalui kegiatan mengumpulkan data, memeriksa perolehan data, mengorganisasi keseluruhan data yang diperoleh dan menganalisis data. Analisis konten digunakan sebagai teknik analisis data penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa religius, mandiri , bertanggung jawab, peduli sosial dan gemar membaca merupakan karakter yang berdasar pada nilai kearifan lokal masyarakat yang perlu diimplementasikan dalam pendidikan karakter pada siswa di Sekolah Dasar. Implementasi pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal masyarakat Melayu perbatasan akan membentuk pribadi peserta didik yang selaras dengan nilai yang dianut masyarakat. 

Article Details

How to Cite
Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar . Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848
Section
Articles

References

Achadah, A., & Muhammad Ilyas, M. (2021). Aktualisasi Pendidikan Karakter Religius untuk Membentuk Perilaku Baik Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ash Sholihuddin Dampit. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 125. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1348

Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Bermain Peran di TK Tunas

Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Anggraini, P. M. N., Suryanti, H. H. S., & Widyaningrum, R. (2021). Surakarta, Analisis Karakter Peduli Sosial pada Peserta Didik Kelas V di SDN Sambirejo. Jurnal Sinektik, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4005

Ariwibowo, U., & Saifudin, M. F. (2019). Implementasi Penanaman Karakter Religius melalui Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah Karangploso. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 133. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1263

Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593

Berk, L. E. (2005). Infants, Children, and Adolescents. Boston Pearson Allyn and Bacon.

Deana, D. R. N., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Hasanuddin. (2017). Nilai dan Karakter Budaya Indonesia. Dialog Budaya Nasional. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.6855116

Hermuningsih, S. (2016). Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal. International Conference : Globalizing Local Wisdom Education & Economic.

Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 5(2), 76. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1038

Hidayati, T. U., Alfiandra, A., & Waluyati, S. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(1), 17–36. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7920

Kartika, N., & Nugrahanto, W. (2014). Mengembangkan Minat Baca di Masyarakat Desa Pasanggrahan dan Desa Malongpong Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 3(1).

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Politeknik Kesehatan Majapahit.

Latif, Y. (2015). Negara Paripurna: Histori-sitas,Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Gramedia Pustaka Utama.

Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223

Masyitoh, I. S. (2011). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik. Jurnal Civicus, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/civicus.v11i2.26127

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Media Berbasis Kearifan Lokal.

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353

Pasani, C. F., & Pramita, M. (2014). Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VIII-C SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 17. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.48

Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. HUMANIKA, 23(1), 61. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.61-79

Ramadani, N. I. (2020). Penanaman Karakter Mandiri Anak Didik Sekolah Cendekia Berseri di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rosardi, R. G. (2015). Pilar Karakter Mandiri dan Peduli dalam Pembelajaran Social Studies; Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran. Menyemai Generasi Emas Indonesia Menuju ASEAN Economic Community 2015: Dalam Paradigma Ekonomi, Pendidikan, Dan Budaya.

Salsabilah, I. D., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2020). Proses Penanaman Karakter Gemar Membaca pada Siswa Kelas III melalui

Pelaksanaan Program Literasi di SDN Banjar Sari 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i2.682

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values And Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Setiawan, A., & Syamsijulianto, T. (2021). Pelajar Pancasila dan Karakter Pelajar (I Agustus 2021). Duta Media.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Suyanta, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 1. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i1.568

Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Syamsijulianto, T. (2021). Pelajar Pancasila dan Karakter Pelajar (I Agustus 2021). Duta Media.

Syamsijulianto, Tri. (2020a). Media Pembelajaran Mobuya untuk Pembelajaran Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan, 4(1), 10. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.23971

Syamsijulianto, Tri. (2020b). Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 209. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.449

Usman, D. H., & Fath, A. F. (2020). Pembentukan Karakter Religius Perspektif Surat Al-Kafirun. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 71. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3636

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research).

Yara, N. Y., Suwandi, S., & Sumarwati, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dalam Novel Maria Zaitun Karya Joko Santoso. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 25. https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.1172