Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough atas Cerita Fiksi “The Dragon In The Hall” Karya Sarah Snashall pada Buku Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar SPK

Main Article Content

Nuryansyah Adijaya
Yumna Rasyid
Miftahulkhairah Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana teks, konteks dan sosial budaya cerita fiksi The Dragon in The Hall dalam buku ajar untuk kelas 1 Sekolah Dasar SPK dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough dengan enam tahap prosedur penelitian yaitu (1) Membaca teks dengan seksama, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Mendeskripsikan isi teks, (4) Menginterpretasi, (5) Mencari penjelasan atas hasil pemahaman, (6) Meringkas hasil analisis dan membuat rekomendasi. Subjek penelitian adalah teks fiksi “The Dragon in The Hall” yang terdapat pada buku pelajaran peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa 1) Teks dibuat sederhana dengan melakukan repetisi kosakata dengan jumlah kata yang dipelajari tidak lebih dari 100 kata, 2) Konteks cerita mendorong pembaca untuk senantiasa berimajinasi sebagai karakter utama, dan 3) Sejumlah temuan sosial budaya ditemukan dalam teks berupa kecenderungan ketakutan umum pada anak dan dalam ilustrasi berupa simbol-simbol yang merepresentasi kehidupan negara Inggris.

Article Details

How to Cite
Adijaya, N., Rasyid, Y., & Anwar, M. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough atas Cerita Fiksi “The Dragon In The Hall” Karya Sarah Snashall pada Buku Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar SPK. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 53–64. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4785
Section
Articles

References

Brackett, M. (2019). Permission to Feel: Unlocking the Power of Emotions to Help Our Kids, Ourselves, and Our Society Thrive. Celadon Books.

Clandinin, D. J., & Rosiek, J. (2007). Mapping a Landscape of Narrative Inquiry: Borderland Spaces and Tensions. In Handbook of

Narrative Inquiry: Mapping a Methodology (pp. 35–76). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452226552.n2

Gabbatiss, J. (2016, December 2). Evolusi yang Memungkinkan Terciptanya Naga. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/vert-earth-38116645

Grabe, W. P., & Stoller, F. L. (2013). Teaching and Researching: Reading. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315833743

Halliwell, S. (1992). Teaching English in the Primary Classroom. Longman.

Helmanto, F., & Hidayat, A. (2020). Deskripsi Karakter: Pembukaan Populer dalam Cerita Pendek Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2570

Krisch, J. A. (2018, July). How Monsters Under the Bed Became a Common Childhood Fear. Fatherly. https://www.fatherly.com/health-science/monsters-under-the-bed-childhood-fears/

Kristanti, A., & Lestari, N. E. (2018). Dongeng Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Anak Usia Sekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(03), 468–471. https://doi.org/10.33221/jiiki.v8i03.130

Miranti, B. (2020, October 2). Banyak Orang Cenderung Takut dengan Laba-Laba, Ternyata Ini Alasannya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/global/read/4380168/banyak-orang-cenderung-takut-dengan-laba-laba-ternyata-ini-alasannya

Ningsih, S. A., & Muliastuti, L. (2019). Developing Syllabus and Reading Teaching Materials for BIPA A1 Based on Deductive Approach. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030101

Nugroho, Y. A. (2018). Cerita Fiksi Sebagai Bacaan Pengayaan Pembelajaran Sains Di Sekolah. Integrasi Sains Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Era Digital.

Nurgiyantoro, B. (2013). Pengkajian Fiksi (Sepuluh). Gadjah Mada University Press.

Nurike, U. (2021). Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis Website pada Pembelajaran Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(9).

Pristinella, D. (2020). Gambaran Pola Tidur Ibu Yang Menerapkan Co-Sleeping & Non Co-Sleeping. Jurnal Imiah Psikologi MANASA, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.25170/manasa.v9i1.1961

Putriani, I. (2019). Analisis Unsur Instrinsik dan Nilai-Nilai Kehidupan pada Cerita Fiksi Kontemporer Mahasiswa. Konstruktivisme Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.671

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Van Ryneveld, M., Mwangome, M., Kahindi, J., & Jones, C. (2020). Mothers’ Experiences of Exclusive Breastfeeding in a Postdischarge Home Setting. Maternal & Child Nutrition, 16(4). https://doi.org/10.1111/mcn.13016

Wang, X., Jukar, A. M., Tseng, Z. J., & Li, Q. (2021). Dragon Bones from the Heavens: European Explorations and Early Palaeontology in

Zanda Basin of Tibet, Retracing Type Locality of Qurliqnoria Hundesiensis and Hipparion ( Plesiohipparion ) Zandaense. Historical

Biology, 33(10), 2216–2227. https://doi.org/10.1080/08912963.2020.1777551

Zakaria, P. R. A., & Harun, M. (2019). Analisis Unsur Cerita Fiksi Anak Putri Kaul Karya Herman RN dan Putri Betung & Gajah Putih Karya

Rismawati. Master Bahasa Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24173/mb.v7i2.22148