Pengembangan E-LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Main Article Content

Sri Rahayu
Iskandar Ladamay
Romia Hari Susanti
Bambang Budi Wiyono
Mela Vindya

Abstract

Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang ada saat ini kurang menuntut siswa berpikir kritis, kurang menarik, serta membutuhkan biaya lebih. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan pengembangan terhadap media pembelajaran LKPD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model penelitian ADDIE. Produk yang telah dikembangkan dilakukan uji validitas melalui ahli media, ahli materi, ahli bahasa, uji kepraktisan, dan uji kemenarikan produk dengan perolehan nilai 90% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi, 93% oleh ahli bahasa, dan 92% oleh praktisi. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-LKPD Pembelajaran Tematik berbasis HOTS sangat baik untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S., Ladamay, I. . ., Susanti, R. H., Wiyono, B. B., & Vindya, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 11–23. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4527
Section
Articles

References

Ardiani, F. N., Suharno, & Musadad, A. A. (2017). Pengembangan LKS Pintar Elektronik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA. Pengembangan LKS Pintar Elektronik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA.

Baloian, N., Pino, J. A., Hardings, J., & Hoppe, H. U. (2014). Monitoring Student Activities with a Querying System over Electronic Worksheets. In CYTED-RITOS International Workshop on Groupware Authors: https://doi.org/10.1007/978-3-319-10166-8_4

Fachrurrazi, A. (2010). Pemanfaatan Dan Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(11). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol6.no11.a1088

Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012075

Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan Penilaian Higher Order Thinking Skills. Pustaka Media Guru.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Marian, F., & Suparman. (2019). Design of Student Worksheet Based On Discovery Learning to Improve the Ability of Mathematics Reasoning Students of Class VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1306(1), 012036. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1306/1/012036

Maslin, N. M. (1988). Impact of Modern Technology. In HF Communications: Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9780203168899_chapter_10

Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009/PLPB.192.01

Nugroho, A. (2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS) : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Penyusunan Soal Sesuai HOTS. Gramedia Widiasarana.

Nurchaili. (2010). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 648. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.493

Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, S45–S47. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3iS1.169

Riyadi, B., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2018). The Analysis and Design of Guided Inquiry E-Worksheet Based to Develop High Order Thinking Skills. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 6(7), 223–233. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v6.i7.2018.1302

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3).

Sari, Y. P. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Utami, S. M., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan LKPD Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1661

Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3).

Yee-Jin, S. (2013). Mendidik Anak di Era Digital. MIZAN.