Pengembangan Media Spellearn untuk Meningkatkan Spelling dan Learning Anak Usia Sekolah Dasar

Main Article Content

Ari Widyaningrum
M. Arief Budiman
Mira Azizah

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi tatanan berbagai aspek termasuk dalam pendidikan. Pembelajaran daring sebagai dampak pandemi mengharuskan guru menentukan dengan tepat media sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik Sekolah Dasar. Spelling (ejaan) sebagai bagian materi Bahasa Inggris memerlukan media yang sesuai dan tepat untuk mengajarkan spelling kepada siswa saat pembelajaran daring saat ini. Tujuan penelitian adalah mengembangkan sebuah media spelling yang implementatif pada pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Research and Development digunakan sebagai metode penelitian. Langkah pengembangan produk mengacu pada pandangan Borg & Gall yang kemudian diadopsi menjadi 6 langkah menyesuaikan kepentingan penelitian, yaitu (1) research and information collecting; (2) planning (3) develop preliminary form of product; (4) preliminary field testing; (5) main product revision; dan (6) main field testing. Hasil pengembangan pada tahap 1 sampai dengan 3 mendapatkan hasil analisis kebutuhan yaitu guru menemui kesulitan ketika mengajarkan spelling karena pengaruh logat Jawa, media spelling yang relevan pada tingkat Sekolah Dasar masih terbatas, perlu media yang menarik sesuai karakter peserta didik Sekolah Dasar, serta perlu media yang mudah diakses selama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil tersebut maka peneliti mengembangkan media spelling berbasis website sebagai solusinya. Draft produk yang dihasilkan adalah Media Spellearn. Spellearn adalah media untuk mengajarkan spelling melalui gambar benda di sekitar kita. Masing-masing gambar disesuaikan dengan level peserta didik mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Article Details

How to Cite
Widyaningrum, A., Budiman, M. A., & Azizah, M. (2021). Pengembangan Media Spellearn untuk Meningkatkan Spelling dan Learning Anak Usia Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125–134. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4491
Section
Articles

References

Arisyanto, P. (2017). Seni Kerakyatan Dalam Proses Pengalaman Estetik Siswa. Meningkatkan Kompetensi Profesional Pendidik Melalui Pembelajaran Seni Berbasis Sertifikat Profesi Dan Entrepreneurship.

Benson, A., & Odera, F. (2013). Selection and Use of Media in Teaching Kiswahili Language in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Information and Communication Technology Research, 3(1).

Buchori, A., M. A, Budiman, M. ., Happy, N., & Aini, A. . (2015). Pembuatan Bahan Ajar dan Media Online Berbasis Kurikulum 2013 oleh Guru-Guru SD Se-Kecamatan Pedurungan. Jurnal INFO, 17(1).

Buchori, A., & Sudargo. (2016). Digital Media Development of Math Game with Ethnomathematics Model Based on Javanese Local Wisdom in Higher Education. Arts and Social Sciences Journal, 7(4). https://doi.org/10.4172/2151- 6200.1000210

Eryanti, E., Siahaan, A. U., & Maria, M. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Anggota Tubuh Berbasis Multimedia Interaktif. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), 55–64. https://doi.org/10.30871/deca.v1i 1.639

Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/1 0.53400/mimbar-sd.v3i2.4252

Soraya, A. R., Ysh, A. Y. S., & Azizah, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Media Diagram Batang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Jelobo Klaten. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4). https://doi.org/https://doi.org/1 0.24114/jgk.v3i4.15076

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Trispiyanti, D., Hariyanti, D. P. D., & Widyaningrum, A. (2018). Analisis Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pendidikan Untuk Mencetak Insan Cendekia Yang Berkarakter.

Ulya, R. K., Suyitno, & Azizah, M. (2019). Pengembangan Media Bonarida Pada Tema “Sehat Itu Penting” Bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Aktualisasi Kompetensi Abad 21 Melalui Publikasi Ilmiah Dan Populer.

Widyaningrum, A., & Rofian. (2015). Barang Bekas Sebagai Media Penciptaan Karya Seni dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas V SD 1 Gribig Kudus. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(2). https://doi.org/10.26877/malihpe ddas.v5i2.849