Implementasi Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi Berbasis Aplikasi LMS Google Classroom

Main Article Content

Tin Rustini
Muh Husen Arifin
http://orcid.org/0000-0002-0581-6135
Yona Wahyuningsih

Abstract

Timbulnya tantangan dan hambatan praktik pengajaran di tengah pandemi Covid-19 melatari penelitian ini. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui implementasi Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi berbasis Google Classroom yang menitik beratkan pada pengembangan kemampuan Higher Order Thinking Skills di masa pandemi. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis digunakan pada penelitian ini. Subjek penelitian yaitu 60 mahasiswa aktif PGSD Kampus UPI di Cibiru. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik observasi pembelajaran, catatan harian peneliti berdasarkan instrumen serta studi pustaka. Uji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Adapun data dianalisis melalui kegiatan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan LMS Google Classroom mampu mendorong pengembangan keterampilan HOTS serta meningkatkan efektivitas perkuliahan. Temuan tersebut menjadi bukti bahwa Google Classroom merupakan platform yang relevan dan efektif pada masa pandemi yang berorientasi pada pengembangan HOTS.

Article Details

How to Cite
Rustini, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi Berbasis Aplikasi LMS Google Classroom. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 115–123. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4174
Section
Articles

References

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi) Di SMP. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1 i2.4766

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Debele, M., & Plevyak, L. (2012). Conditions for Successful Use of Technology in Social Studies Classrooms. Computers in the Schools, 29(3), 285–299. https://doi.org/10.1080/07380569 .2012.703602

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (Eds.). (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94- 007-2324-5

Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1).

Kumar, J. A., & Bervell, B. (2019). Google Classroom For Mobile Learning In Higher Education: Modelling The Initial Perceptions Of Students. Education and Information Technologies, 24(2), 1793–1817. https://doi.org/10.1007/s10639- 018-09858-z

Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Mata Pelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i 1.22236

Maesaroh, S., Hasna, A., DR, Y., & ZN, F. (2018). Penerapan Metode Cooperative Learning Dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital.

Pheeraphan, N. (2013). Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 365– 373. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2 013.10.346

Reimers, F. M. (2020). Educating Students to Improve the World. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981- 15-3887-2

Sabran, & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi SINTA Dan Hak Kekayaan Intelektual.

Statti, A., & Torres, K. M. (2020). Digital Literacy: The Need for Technology Integration and Its Impact on Learning and Engagement in Community School Environments. Peabody Journal of Education, 95(1), 90–100. https://doi.org/10.1080/0161956X .2019.1702426

Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73. https://doi.org/10.17509/historia. v2i2.16629