Hubungan Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V

Main Article Content

Rapani
Mita Nur Hartanti

Abstract

Belum optimalnya kegiatan pendampingan orang tua selama pembelajaran daring serta rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN Se-gugus Budi Utomo melatari pelaksanaan kegiatan penelitian ini. Berdasar hal tersebut, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi hubungan pendampingan orang tua pada praktik pengajaran daring dengan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN wilayah Gugus Budi Utomo. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi digunakan dalam penelitian ini. Populasi melibatkan 78 siswa yang juga menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Adapun korelasi product moment digunakan dalam proses analisis data. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi 0,415 yang berada pada taraf cukup kuat dengan kontribusi sebesar 17,22%. Temuan penelitian tersebut menunjukan bahwa aktivitas pendampingan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar tematik peserta didik. 

Article Details

How to Cite
Rapani, & Nur Hartanti, M. (2021). Hubungan Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V . DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 105–114. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4126
Section
Articles

References

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas. 8.2.105-117

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020. v10.i3.p282-289

Fadilah, E. R. (2019). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Helmawati. (2017). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya.

Indah, I., & Nadziroh, N. (2020). Hubungan Antara Pendampingan Belajar Orang Tua Dengan Hasil Belajar Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD Se-Gugus 7 Ponjong Gunungkidul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1). https://doi.org/10.30738/trihayu. v6i1.7876

Mendikbud. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid19 (36962/MPK.A/HK/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muncarno. (2017). Statistik Pendidikan. Hamim Group.

Nuryana, A. N. (2020, April 9). Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Pramana, I. B. B. S. A., Ardiawan, I. K. N., Lestari, N. G. A. M. Y., Ekaningtyas, N. L. D., Diari, K. P. Y., Wiramarta, K., Muslimin, A. I., Qadafi, M., Agustiningsih, N., Jayawangsa, I. G. A. R., Armini, I. A. A., Krisdayanthi, A., Sutama, I. W., Dewi, N. P. S., Santoso, P. P. A., Wijaya, I. K. W. B., Dewi, N. W. S. P. K., Januariawan, I. W., & Andayani, K. Y. (2020). Adaptasi di Masa Pandemi: Kajian Multidisipliner. Nilacakra.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basiced u.v4i4.460

Qomaruddin. (2017). Pendampingan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).

Riduwan, & Sunarno. (2014). Pengantar Statistika. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.3 15

Waryanto, N. H. (2006). Online learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Matematika, 2(1).