Hubungan Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V
Main Article Content
Abstract
Belum optimalnya kegiatan pendampingan orang tua selama pembelajaran daring serta rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN Se-gugus Budi Utomo melatari pelaksanaan kegiatan penelitian ini. Berdasar hal tersebut, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi hubungan pendampingan orang tua pada praktik pengajaran daring dengan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN wilayah Gugus Budi Utomo. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi digunakan dalam penelitian ini. Populasi melibatkan 78 siswa yang juga menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Adapun korelasi product moment digunakan dalam proses analisis data. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi 0,415 yang berada pada taraf cukup kuat dengan kontribusi sebesar 17,22%. Temuan penelitian tersebut menunjukan bahwa aktivitas pendampingan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar tematik peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas. 8.2.105-117
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020. v10.i3.p282-289
Fadilah, E. R. (2019). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Helmawati. (2017). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya.
Indah, I., & Nadziroh, N. (2020). Hubungan Antara Pendampingan Belajar Orang Tua Dengan Hasil Belajar Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD Se-Gugus 7 Ponjong Gunungkidul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1). https://doi.org/10.30738/trihayu. v6i1.7876
Mendikbud. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid19 (36962/MPK.A/HK/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muncarno. (2017). Statistik Pendidikan. Hamim Group.
Nuryana, A. N. (2020, April 9). Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.
Pramana, I. B. B. S. A., Ardiawan, I. K. N., Lestari, N. G. A. M. Y., Ekaningtyas, N. L. D., Diari, K. P. Y., Wiramarta, K., Muslimin, A. I., Qadafi, M., Agustiningsih, N., Jayawangsa, I. G. A. R., Armini, I. A. A., Krisdayanthi, A., Sutama, I. W., Dewi, N. P. S., Santoso, P. P. A., Wijaya, I. K. W. B., Dewi, N. W. S. P. K., Januariawan, I. W., & Andayani, K. Y. (2020). Adaptasi di Masa Pandemi: Kajian Multidisipliner. Nilacakra.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basiced u.v4i4.460
Qomaruddin. (2017). Pendampingan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).
Riduwan, & Sunarno. (2014). Pengantar Statistika. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.3 15
Waryanto, N. H. (2006). Online learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Matematika, 2(1).