Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran supervisi akademik yang dilaksanakan oleh Kepala sekolah di SD Negeri Ciangsana serta analisis mengenai kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai gambaran sejauh mana keberhasilan dari pelaksanaan supervisi akademik tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ciangsana, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah SD Negeri Ciangsana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi serta dengan meningkatkan ketekunan agar peneliti dapat melihat letak kekurangan yang perlu untuk diperbaiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa : a) Supervisi akademik yang dilaksanakan di SD Negeri Ciangsana dalam presepsi baik yaitu berjalan berdasarkan rencana program yang telah disusun. b) Kemampuan guru SD Negeri Ciangsana dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik yaitu berada pada skor diatas 80, meskipun setiap guru mendapatkan skor akhir yang berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Damayanti, W. 2016. Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMKN 1 Salatiga Menghadapi PKG Tahun 2016. : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol 26, No.1, Juni 2016, http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2132
Depdiknas. (2008). Metode dan Teknik Supervisi, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Jumriati. 2017. “Analisis Supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada SMK di Kabupaten Gowa”. Sportive Volume Nomor 1. https://conf.unm.ac.id/sportive/article/view/5243
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2011. Jakarta: Pustaka Belajar.
Wahyuni, Esa N dan Baharrudin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar Ruzz. Media.