Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana

Main Article Content

Melida Safitri
Din Azwar Uswatun
Andi Nurochmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran supervisi akademik yang dilaksanakan oleh Kepala sekolah di SD Negeri Ciangsana serta analisis mengenai kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai gambaran sejauh mana keberhasilan dari pelaksanaan supervisi akademik tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ciangsana, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah SD Negeri Ciangsana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi serta dengan meningkatkan ketekunan agar peneliti dapat melihat letak kekurangan yang perlu untuk diperbaiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa : a) Supervisi akademik yang dilaksanakan di SD Negeri Ciangsana dalam presepsi baik yaitu berjalan berdasarkan rencana program yang telah disusun. b) Kemampuan guru SD Negeri Ciangsana dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik yaitu berada pada skor diatas 80, meskipun setiap guru mendapatkan skor akhir yang berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Article Details

How to Cite
Safitri, M., Uswatun, D. A., & Nurochmah, A. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 105–119. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.3065
Section
Articles

References

Burhanuddin, Y. 2005. Administrasi Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia

Damayanti, W. 2016. Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMKN 1 Salatiga Menghadapi PKG Tahun 2016. : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol 26, No.1, Juni 2016, http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2132

Depdiknas. (2008). Metode dan Teknik Supervisi, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Jumriati. 2017. “Analisis Supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada SMK di Kabupaten Gowa”. Sportive Volume Nomor 1. https://conf.unm.ac.id/sportive/article/view/5243

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Perss.

Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2011. Jakarta: Pustaka Belajar.

Wahyuni, Esa N dan Baharrudin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar Ruzz. Media.