Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pesisir Pantai

Main Article Content

Serli Retno Sari
Isnarmi Isnarmi
Junaidi Indrawadi

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan dan desain pendidikan karakter sekolah dasar pesisir pantai. Penelitian dilakukan di SDN 06 Pasir Jambak dan SDN 19 Air Tawar Barat, Padang karena secara geografis kedua sekolah tersebut berada pada pesisir pantai kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pengisian angket. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelak-sanaan pendidikan karakter di sekolah daerah pesisir pantai masih belum terprogram dan terencana dengan baik, 2) faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah da-erah pesisir pantai didukung oleh beberapa kondisi, yakni: penciptaan budaya sekolah dan keteladan dari pihak sekolah, 3) faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah daerah pesisir pantai yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar. Hasil akhir penelitian berupa desain pendidikan karakter di sekolah dasar pesisir pantai yang bisa menjadi pedoman bagi sekolah daerah pesisir pantai dalam melaksanakan pendidikan karakter pada siswa.

Article Details

How to Cite
Sari, S. R., Isnarmi, I., & Indrawadi, J. (2020). Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pesisir Pantai. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 93–103. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.2689
Section
Articles

References

Aisyah, N., Emosda, & Suratno. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Nurul Ilmi Kota Jambi. Tekno-Pedagogi, 5(1), 50–63.

Akmal. (2011). Pemenuhan Hak Ekonomi Sosial dan Budaya ( EKOSOB ) Bagi Masyarakat Nelayan di Kota Padang. DEMOKRASI, X(2), 103–122.

Almerico, G. M. (2014). Building character through literacy with children’s literature. Research in Higher Education Journal, 26, 1–13.

Bock, P. (2001). Getting it right: R&D Methods for Science and Engineering.

Freeks, F. E. (2015). The influence of role-players on the character-development and character-building of South African college students. South African Journal of Education, 35(3), 1–13. https://doi.org/10.15700/saje.v35n3a1086

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Arahan Khusus Presiden Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Khoury, R. (2017). Character Education as a Bridge from Elementary to Middle School: A Case Study of Effective Practices and Processes Ruba Khoury, 8(2), 49–67.

Kristiyanti, M. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai melalui Pendekatan ICZM (Integrated Coastal Zone Management), (180), 752–760.

Kurniawan, M. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Journal Pedagogia, 4 No. 1(1), 41–49. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/download/71/77

Masri, A. (2017). Pendidikan Anak Nelayan Pesisir Pantai Donggala. Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(September), 223–227.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. Retrieved from http://books.google.de/books?hl=de&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PR12&dq=related:6Py5rJ1MEvsJ:scholar.google.com/&ots=kCUz-GVSZV&sig=G5ATr-GzcJlkWq-MesXXwKEdopE#v=onepage&q&f=false

Mislia, M., Mahmud, A., & Manda, D. (2016). The Implementation of Character Education through Scout Activities. International Education Studies, 9(6), 130. https://doi.org/10.5539/ies.v9n6p130

Murniyetti, Engkizar, dan F. A. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Karakter, VI(2), 156–166. https://doi.org/p-ISSN:2089-5003

Ningtyas, A. R. (2014). Karakter Anak Usia Dini yang Tinggal di Daerah Pesisir Pantai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Octavia, E., & Rube, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi ppkn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. SOSIO HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111–124.

Pane, M. M., & Patriana, R. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 244–252. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.153

Rahim Saidek, A., Islami, R., & Abdoludin. (2016). Character Issues: Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(17), 158–165.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenadamedia Group.

Supeni, S. (2015). Developing a Model of the Pancasila Character. Cakrawala Pendidikan, XXXIV(1), 118–127.

Suprapto, W. (2017). Pembelajaran Model Homestay sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Kepekaan Sosisal Peserta Didik di Tengah Tantangan Global. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 14–25.

Tannir, Abir; Al-Hroub, A. (2013). Effects of Character Education on the Self-Esteem of Intellectually Able and Less Able Elementary Students in Kuwait. International Journal of Special Education, 28(1), 47–59.

Yapandi. (2015). Life Skills Based In Nation Building Character Value Tauhidullah. Journal of Education and Practice, 6(12), 209–223.